Petugas Kesehatan Harus Hati-hati

 

 

GENCIL.NEWS-  Pj Sekda Kota Pontianak, Zumyati, S.Sos, mengungkapkan para petugas kesehatan dituntut bersikap lebih hati-hati dalam menjalankan tugas dan fungsi serta selalu berpegang teguh pada aturan yang berlaku.

“Pegang teguh aturan yang ada dan jangan melanggar. Kita ini pelayan masyarakat, posisikan diri sebagai abdi masyarakat yang melayani,” katanya, kemarin.

Zumyati mengingatkan supaya para petugas medis menerapkan tupoksi yang sudah ada di masing-masing unit kerjanya serta menyesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Jika kita menjalani itu, kita akan selamat. Berikan pelayanan dengan ceria, senang dan jangan marah-marah. Kalau orang yang kita layani merasa senang dan sehat, kita dapat pahala dan kita pun puas karena sudah membuat orang sehat,” terangnya.

Baca Juga Gunungkidul dan Bunuh Diri: Antara Mitos dan Depresi

Ia berharap, tenaga kesehatan mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab tenaga kesehatan terhadap pemenuhan hak pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Kota Pontianak.

“Sebab kesehatan adalah salah satu kebutuhan manusia yang utama atau hak dasar,” tutur Zumyati.

Kata dia, tenaga kesehatan supaya seminimal mungkin komplain atau keluhan dari masyarakat itu semakin berkurang atau bahkan tidak ada.

Sebagai tenaga kesehatan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, tentunya banyak melayani masyarakat yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

“Saya minta para petugas tenaga kesehatan sabar menghadapi tipikal masyarakat yang berbeda-beda dalam memberikan pelayanan,” sebutnya. (all)