Polres Singkawang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna

Polres Singkawang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna

GENCIL NEWS – SINGKAWANG – Jumat, 4 Agustus 2017 di Lapangan Mapolres Singkawang, Anggota Polres Singkawang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bima Karuna dalam rangka untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Singkawang.

Martinus Misa selaku Staf Ahli Bidang Hukum dan politik Pemkot Singkawang memimpin langsung apel dan diikuti oleh Sat Pol PP, TNI, BPBD, Manggala Adni, Pemadam Kebakaran, Forkopimda, Sat Brimob, BPKS dan Lurah se-Kota Singkawang.

Dalam membacakan amanat dari Kapolda Kalbar, Martinus mengatakan Gelar Psukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel serta sarana prasarana baik satuan maupun perorangan.

“Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa Wilayah Kalimantan Barat telah menjadi perhatian serius dari nasional maupun internasional. Sehingga hal ini mendorong di kelurkannya instruksi Presiden RI Nomor 11 Tahun 2015 tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Akibat peningkatan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kalimantan Barat adalah kerusakan ekosistem serta terganggunya kegiatan perekonomian.

Menurut data yang disampaikan oleh BKSDA Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah hotspot yang ada di Kalimantan Barat pada umumnya telah mengalami penurunan setiap tahunnya. Di tahun 2013 sebanyak 3219, di tahun 2014 sebanyak 5277, tahun 2015 sebanyak 2724, tahun 2015 sebanyak 2724 dan di tahun 2016 sebanyak 1565.

“Titik yang paling rentan adalah kawasan Area Peralihan Lain. Data sementara dari aplikasi menujukan Lapan Fire Hotspot tanggal 2 Agustus 2017 ada fluktuasi titik api di Kalimantan Barat dalam angka 13-28 Hotspot yang terkonsentrasi di daerah Kubu Raya, Kapuas Hulu, Sintang dan Ketapang,” pungkasnya.