Rem blong sang penebar maut di jalanan –  Kembali kita dikejutkan oleh kejadian yang mengerikan. Sebuah Truk trailer melaju tanpa berhenti, melindas apapun yang ada di depannya. Kejadian ini terekam oleh kamera CCTV dan menyebar menjadi viral didunia maya.

Kejadian itu sendiri terjadi pada hari minggu, tanggal 28 April 2017 di perempatan jalan Ring Road, jalan amal medan. Jelas terlihat dari kamera CCTV bagaimana ketika lampu merah menyala dan beberapa kendaraan bermotor berhenti, dari arah belakang sebuah truk trailer melaju terus menabrak semua yang ada didepanya. Beberapa pengendara motor masih bisa menyelamatkan diri. Tapi tidak dengan 3 orang yang langsung meninggal ditempat dan 6 orang mengalami luka- luka. Mereka yang meninggal atas nama Indra Subahan Purba (44 tahun), Arisa Salwa (13), Anas Madjid (8). Truk bernopol BK 9279 BK yang dikemudikan oleh Saiful Fadli (44) saat ini sudah diamankan oleh polisi.
Maut yang mengintai di jalanan akibat rem blong sepertinya bukan kali pertama terjadi. Sudah banyak nyawa melayang di jalanan karena Rem blong. Rem blong seperti momok yang menakutkan bagi pengendara jalanan. Tak ubahnya bom waktu yang bisa meledak setiap saat.

Menurut Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), peristiwa kecelakaan di medan akibat rem blong sangat disesalkan. Ini menambah daftar panjang mereka yang meninggal sia-sia karena kecerobohan. Dan jika ini dibiarkan menurut mereka rem blong sudah layaknya teroris jalanan yang siap merenggut nyawa siapa saja. Masih menurut MTI data korban sekitar 30 ribu jiwa melayang sia-sia karena kecelakaan dijalan raya selama setahun. Sangat fantastis bukan, Sudah saatnya pemerintah merevisi undang- undang lalu lintas. Dimana selama ini jika terjadi kecelakaan maka pengemudi yang dianggap bersalah. Padahal kelayakan kendaraan juga menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan.

Oleh karena itu salah satu solusinya rem blong untuk truk adalah adanya sertifikasi kendaraan. Karena rem blong tidak hanya kesalahan pengemudi saja tapi juga pemilik kendaraan. Karena mengoperasikan kendaraan tidak yang tidak layak jalan.

Sepertinya kecelakaan akibat rem blong di medan bukanlah yang pertama masih banyak lagi nyawa melayang layang atau korban luka-luka. Tentu kita masih ingat beberapa peristiwa yang mengakibatkan nyawa melayang karena rem blong.

Masih belum lepas ingatan kita kecelakaan bus yang terjadi di puncak ciloto, salah satu jalur maut yang sering terjadi kecelakaan. Kecelakaan yang menimpa rombongan KPPS kecamatan kebayoran lama tanggal 30 April 2017. Kecelakaan yang memakan korban sebanyak 11 orang meninggal dan puluhan orang luka- luka. Akibat rem blong terjadi kecelakaan beruntung yang melibatkan puluhan kendaraan. Ini semua bermula dari rem blong.
Di jalur maut Ciloto ini sebenarnya kecelakaan akibat rem blong sudah berulang kali terjadi. Bahkan jalur ciloto ini sampai dinamai jalur maut ciloto. Berikut beberapa daftar kecelakaan di jalur Ciloto;
• Pada Februari tahun 2013 terjadi kecelakaan Bus Pariwisata yang menewaskan 12 orang . Bus Pariwisata Mega Mustika yang membawa 75 orang penumpang dari puncak. Melaju dari arah bogor menuju Cianjur ketika melewati jalan raya ciloto. Bus tersebut menabrak tebing. Diduga kecelakaan ini akibat dari rem blong. Dalam kecelakaan ini 12 orang meninggal dunia dan 12 orang mengalami luka- luka.
• Pada tanggal Agustus masih ditahun yang sama 2013 terjadi kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan. Lagi- lagi tempatnya di daerah ciloto. Melibatkan dua bus, satu mobil, satu truk dan lima kendaraan bermotor. Korban meninggal dunia sebanyak 3 orang dan luka-luka belasan orang. Peristiwa kecelakaan ini bermula saat bus Pariwisata Pt. Mandiri Erajasa Wahana dari arah bogor menuju Cianjur ketika berada jalur lurus tiba- tiba oleng ke kanan sehingga menyerempet sepeda motor dan mobil chevrolit yang melaju dari arah berlawanan. Kemudian menabrak truk pasir yang parkir dipinggir jalan. Lagi- lagi penyebabnya adalah rem blong dan korban pun meninggal sia-sia.

Baca juga   5 Berita Unggulan GencilNews Minggu Ini

• Oktober 2013,
Kali ini terjadi di kampung Bondol masih di Desa Ciloto kecamatan cipanas. Sebuah truk pengangkut semen mengalami rem blong sehingga menabrak sebuah mobil yang sedang parkir dipinggir jalan dan diperbaiki 2 montir. Akibat kecelakaan ini 3 orang meninggal dunia.
Jika menilik dari semua peristiwa diatas dan masih banyak lagi kecelakaan-kecelakaan lain yang juga memakan korban jiwa. Menurut MTI seharusnya undang- undang Yang mengatur tentang berlalu lintas harus di revisi. Selama ini kesalahan akibat rem blong hanya dibebankan kepada pengemudi. Seharusnya pemilik transportasi juga ikut bertanggung jawab atas kelayakan mobilnya. Mereka seharusnya dianggap lalai jika kecelakaan yang terjadi akibat kendaraan tidak layak. Semoga pemerintah mau memperhatikan ini. Sudah banyak korban mati sia-sia karena kelalaian.
Sebenarnya untuk mengantisipasi agar kendaraan kita tidak mengalami rem blong ada baiknya sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan kita cek dulu kondisi rem kita. Caranya pertama kali dengan mengecek minyak rem. Jika kondisi minyak rem sudah kotor dan berwarna coklat harus diganti karena ini akan berpengaruh terhadap kualitas pengereman. Setelah itu periksa boster dan pedal rem. Injak pedal rem pada kondisi mesin mati , lalu hidup kan mesin pada kondisi kaki tetap menginjak pedal rem. Jika kondisi rem bagus, pada kondisi mesin mati saat diinjak ada semacam tekanan dan pada saat mesin dinyalakan akan terasa mengendur. Demi menghindari kecelakaan akibat kelalaian ini periksa kondisi kelayakan mobil Anda rutin minimal sebulan sekali di bengkel.

Baca juga   Suka Duka Pendidikan Gratis di Kabupaten Kayong Utara

Seandainya kita pada kondisi rem blong. Sebenarnya apa sih yang harus kita lakukan untuk mengurangi korban jiwa.
• Turunkan gigi secepat mungkin kita bisa, secara bertahap dari 5 4 3 2 1.
• Gunakan rem tangan saat gigi sudah pada posisi rendah. Pengereman tangan bisa membuat mobil berhenti secara perlahan.
• Arahkan kendaraan ke jalur lambat secara perlahan atau ke bahu jalan untuk mencari tempat yang aman untuk berhenti.
• Jauhkan kaki kita dari pedal gas karena dalam kondisi panik banyak yang justru menginjak gas daripada rem
• Cek benda yang menghalangi rem. Kadang- kadang benda yang kita taruh di bawah bergeser karena pengereman ini bisa mengakibatkan rem terganjal.
• Peringati orang lain.
Nyalakan lampu Hazard, bunyikan klakson sambil melambaikan kain dari jendela atau melambaikan benda apa saja. Untuk memberitahu bahwa mobil Anda dalam kesulitan.
• Jika terpaksa harus menabrak usahakan carilah seperti pagar rumah atau gundukan pasir. Dan tetaplah bersikap tenang. Jangan panik. Jika sudah bisa berhenti segera minta bantuan

Sebagai pengguna jalan jika kita melihat tanda- tanda kendaraan seperti diatas ada baiknya kita menepi dan berhenti untuk memberi jalan. Tindakan ini tidak menjamin kita selamat tetapi bisa jadi alternatif untuk mengantisipasi jika ada kejadian kendaraan yang mengalami rem blong. Semoga saja kejadian rem blong di medan adalah terakhir kalinya. Semoga teror- teror di jalanan akan bisa diatasi oleh pemerintah dengan mengeluarkan aturan yang tegas mengenai kelayakan mobil. Dan semoga tidak ada lagi nyawa yang mati sia- sia karena kecerobohan orang lain ataupun orang-orang yang harus menderita cacat seumur hidup