Sengketa Lahan Bengkayang Sambas Segera Selesaikan

GENCILNEWS-Permasalahan sengketa lahan antara beberapa perusahaan yang ada dengan masyarakat umum yang marak terjadi terutama di Kabupaten Sambas dan Bengkayang menjadi perhatian Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Barat, Subhan Nur.

Menurutnya permasalahan sengketa lahan memakan waktu yang cukup lama hingga saat ini sama sekali belum terselesaikan.

“Kita berharap ada perhatian khusus akan kasus sengketa tanah yang menimpa masyarakat Sambas dan Bengkayang,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (26/4/2018).

Subhan menjelaskan bahwa pemerintah harus jeli melihat terkait masalah sengketa karena kedua pihak sama-sama memiliki hak atas lahan sehingga menjadi berlarut-larut dan belum selesai hingga sekarang.

“Masalahnya masyarakat punya sertifikat atau hak milik sementara perusahaan punya HGU, seharusnya ada tahapan penyelesaian yang dilakukan,” tuturnya.

Legislator Dapil Sambas ini mengakui jika peran pemerintah terutama Bupati baik di Sambas maupun di Bengkayang dapat menyelesaikan melalui pemerintah pusat.

“Seharusnya para Bupati dapat menyelesaikan masalah dengan konsultasi ke pusat, ini bagaimana bentuk keseriusan pemimpin daerah,” katanya.

Selaku wakil rakyat, Subhan melihat banyaknya kasus sengketa sendiri terjadi di Kabupaten Sambas seperti di kawasan Sajingan, kemudian beberapa perusahaan juga ditemukan permasalahan sengketa lahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat umum.

“Kita akan panggil Bupati baik Bengkayang dan Sambas agar dapat menyelesaikan masalah ini,” tegasnya.(dpw)