SMAN 1 Ngabang Siap Mengeliminasi 214 Calon Siswa Baru Dengan Metode Zonasi

SMAN 1 Ngabang Siap Mengeliminasi 214 Calon Siswa Baru Dengan Metode Zonasi

GENCIL NEWS – LANDAK – SMAN 1 Ngabang termasuk salah satu sekolah favorit yang ada di Kota Ngabang dan peminatnya pun tidak pernah sepi setiap tahunnya. Tercatat sampai hari terakhir penerimaan siswa baru terdapat 502 calon siswa yang mendaftar tahun ini, padahal kuota yang disediakan hanya mencapai 288 saja. Itu artinya ada 214 calon siswa yang akan tereleminasi.

Menurut penuturan Kepala Sekolah SMAN 1 Ngabang, tahun ini sistem penyeleksian calon siswa baru menggunakan sistem zonasi. “Jadi, kita akan mengalikan jarak alamat calon siswa menuju sekolah dengan nilai Ujian Nasional (UN). Ini artinya, siswa yang akan diterima di SMAN 1 Ngabang diutamakan yang jaraknya dekat sekolah,” pungkasnya, Kamis (6/7).

Dipaparkan bahwa sistem zonasi tersebut telah sesuai dengan Permendikbud No.17 tahun 2017 dan juga petunjuk teknis dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat No. 796 tahun 2017.Dalam petunjuk teknis tersebut juga telah dijelaskan bahwa seleksi masuk tidak semata-mata hanya mengacu pada nilai UN saja, melainkan juga prestasi akademik dan non akademik.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ngabang juga telah menjelaskan bahwa sosialisasi mengenai seleksi penerimaan siswa baru menggunakan sistem zonasi telah dilakukan kepada orang tua calon siswa baru, bahkan diformulir dan brosur juga dicantumkan.

Tidak hanya itu saja, sosialisasi juga dilakukan kepada calon siswa baru bersama dengan orang tua ataupun walinya. Jadi, diharapkan pihak siswa dan orang tua siswa dapat menerima keputusan dari pemerintah ini dengan baik.