GENCIL NEWS – KAYONG UTARA – Setelah kita mengetahui tempat-tempat wisata di Kabupaten Kayong Utara seperti Pantau Pulau Datok, Lubuk Baji, bukit Mendale, dan pulau Karimata, tempat wisata yang satu ini juga perlu dikunjungi dan menjadi daftar kunjungan wisata Anda, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Kawasan TNGP meliputi Kabupaten Ketapang sampai Kabupaten Kayong Utara dengan luas kurang lebih 90.000 hektar. Areanya terbentang dari Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

Kerennya lagi, TNGP ini termasuk kawasan yang mempunyai ekosistem sebagai taman nasional terlengkap di Indonesia. Di samping itu, di kawasan TNGP ini terdapat gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter dari permukaan laut. Sehingga, memang TNGP layak untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga.

Kawasan TNGP ini masih berupa hutan primer yang tidak terganggu oleh aktivitas masyarakat sekitar serta terdapat beberapa komunitas tumbuhan dan satwa liar. Di samping itu, terdapat habitat orangutan yang berjumlah sekitar 2.200 ekor orangutan.

Baca juga   Pj Walikota Jawab Tantangan DPRD Kota Pontianak

Di kawasan TNGP tercatat ada sekitar 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang mempunyai peran sebagai pemencar biji tumbuhan di hutan. Semua keluarga burung dan kabarnya sebagian besar dari seluruh jenis burung yang ada di Kalimantan, terdapat di dalam hutan kawasan TNGP tersebut.

TNGP juga merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka ragaman hayati dengan nilai tinggi, terdapat juga tumbuhan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan dengan kabut yang aduhai.

Untuk mencapai ke kawasan TNGP ini Anda bisa mendapatkan informasi dan melakukan reservasi di Jalan Wahid Hasyim 41/A, telpon (0534) 33539 Ketapang Kalimantan Barat. Akses transportasi ke sana bisa melalui udara, dan laut.

Baca juga   Komisi IV Haturkan Duka Mendalam Terkait Gempa di Lombok

Jika Anda menggunakan transportasi udara, bisa melalui bandara Supadio Pontianak dengan tujuan Ketapang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Nah, bagi yang ingin menggunakan transportasi laut, Anda bisa menggunakan kapal express/speadboat melalui pelabuhan Senghi Pontianak menuju Ketapang, waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

Bagi pengunjung yang akan berwisata ke TNGP tersebut akan dikenakan biaya restribusi atau biaya tiket masuk, antara lain: Rp 1.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara serta dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.500 untuk kamera foto dan Rp25.000 untuk kamera video.

Nah, tunggu apa lagi, siapkan rencana Anda untuk berkunjung di ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Kayong Utara.