Terkait Dana Desa, Karolin Mintan Apbdes 2017 Segera Dipublikasikan Ke Masyarakat

Terkait Dana Desa, Karolin Mintan Apbdes 2017 Segera Dipublikasikan Ke Masyarakat

GENCIL NEWS – LANDAK – Karolin Margret Natasa, Bupati Landak meminta seluruh Kepala Desa yang ada di Landak untuk segera membereskan permasalahan laporan APBDes tahun 2017 dan mempublikasikannya kepada masyarakat.

Karolin juga mengatakan bahwa perintahnya ini didasari oleh ketentuan yang diatur dalam UU nomor 6 tahun 2014, dimana Desa wajib membuat laporan penggunaan Dana Desa dan memberitahukannya kepada masyarakat. Selain terkesan lebih gamblang, anggaran desa serta kegiatan lain yang transparan juga membuat masyarakat lebih tenang dan percaya.

Wanita yang berhasil duduk di kursi DPR RI selama dua periode ini menerangkan bahwa selain menyebarkan informasi yang berkaitan dengan APBDes di kantor Desa atau tempat umum, penggunaan sosial media juga menjadi perantara yang jitu untuk mensosialisasikan Anggaran Desa ini.

“Pemdes mewajibkan Desa untuk membuat spanduk atau baliho tentang APBDesnya, agar dipasang di Kantor Desa atau tempat umum lainnya. Dalam hal ini, saya menilai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya merupakan sarana yang efektif untuk menyebarluaskan informasi penggunaan dana desa,” paparnya dengan jelas.

Cara ini di samping mampu melibatkan masyarakat dalam mengawasi realisasi dana dari desa juga menjadikan pemerintah desa tidak terlena dengan dan yang besar.

Ia berharap bahwa laporan APBDes dapat dirampungkan tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. Agar dana desa yang ada di Pemerintah Daerah bisa segara dicairkan. Sehingga program di desa dapat diwujudkan.