TPB Libatkan Seluruh Pihak

TPB Libatkan Seluruh Pihak

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) akan melibatkan seluruh pihak, baik dari pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, pakar, dan organisasi kemasyarakatan dalam satu gerak langkah yang sama yaitu kesepahaman pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, hal ini dikatakan oleh Arifin Rudiyanto Deputi Kelautan dan Sumber Daya Alam BAPPENAS saat mengisi acara sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Kapuas Palace, Rabu (20/9).

“Dalam rencana aksi nasional dan daerah akan dilakukan monitoring dan evaluasi bersama oleh pemerintah daerah, akademisi, swasta, pakar, dan organisasi kemasyarakatan tapi dengan aturan yang telah disepakati bersama,” ucapnya

Ia juga mengatakan untuk melaksanakan TPB sudah ditetapkan oleh Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang menugaskan pemerintah pusat dan provinsi untuk menyusun rencana aksi nasional dan daerah dalam mencapai TPB.

“Peran pemerintah daerah sangat penting disini, untuk itu kalau di pusat kita sinkronkan antara TPB dengan perencanaan pembangunan menengah nasional yang merupakan turunan dari nawacita, dan Alhamdulillah sebagian besar target – target TPB sudah sesuai dengan nawacita,” ujarnya.

“Tugas selanjutnya adalah bagaimana mengsinkronkan tugas antara TPB dengan RPJMD khususnya provinsi yang baru saja melaksanakan pilkada dan akan melaksanakan pilkada, sehingga tugas pemerintah pusat mengintegrasikan semua indikator yang tertuang dalam TPB ke dalam RPJMD masing – masing provinsi dan memerlukan komitmen dari pemerintah kabupaten dan kota,”tambahnya.

Ia juga mengakui kalau dulu pemerintah menyusun target baru di sosialisasikan berbeda dengan sekarang, untuk TPB di susun secara bersama – sama mulai dari target, indikator, dan monitoring evaluasi sehingga semua terlibat dari awal.