Tumbuhan Begonia, Zingeberaceae, Dan Palem Liar Tumbuhan Jenis Baru Di Kalbar

Tumbuhan Begonia, Zingeberaceae, Dan Palem Liar Tumbuhan Jenis Baru Di Kalbar

GENCIL.NEWS, BENGKAYANG – Jenis baru tumbuhan ini ditemukan oleh para peserta ekspedisi West Kalimantan Bogor Edinburgh (WEKBOE) yang tiga di antaranya merupakan mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan yang tergabung dalam organisasi Sylva Indonesia PC. Untan atas nama Bendril Sepito, Andre Ronaldo, dan Hasri Nurfadilah.

WEKBOE adalah sebuah ekspedisi untuk mengeksplorasi jenis-jenis tumbuhan dari famili begoniaceae dan Zingeberaceae.

Kegiatan ini mulai tanggal 5 Desember hingga 13 Desember lalu bersama bersama dua peneliti dari LIPI bogor dan seorang ahli begoniaceae dari Royal botanical garden Edinburgh, Skotlandia serta seorang ahli botanis dari IPB. Ahli begoniaceae dari Royal botanical garden Edinburgh, Mark Hughes berperan sebagai ketua ekspedisi.

Totalnya 204 jenis tumbuhan terkoleksi, di antaranya 11 jenis begonia, seperti begonia stenogyna, begonia calcarea, begonia paoana, dan lain-lain.

Dari Zingeberaceae ada 44 jenis di antaranya hornstedtia reticulata, amomum sp, alpinia glabra , globba atrosanfuinea, dan lain-lain, 17 jenis dari famili gesneriaceae seperti cytandra sp, conodoboea sp, aeschynanthus sp, aglamyla sp, dan 8 jenis dari famili arecaceae seperti pinanga klabitensis , pinanga veitchii, nenga pumila, dan lainnya.

Penemuan jenis-jenis tumbuhan ini membuat para peserta sangat puas. Seperti yang diungkapkan satu dari mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan, Bendril Sepito.

“Sangat banyak belajar daribpara master khususnya dari Lipi dan Edinbrugh karena menambah ilmu dan pengalaman. Saya merasa sangat bersyukur,” katanya, Jumat (15/12).

Beberapa di antara tumbuhan yang ditemukan berpotensi sebagai jenis baru yang belum pernah dideskripsikan secara ilmiah sebelumnya, selain itu banyak jenis begonia, Zingeberaceae, dan palem liar yg merupakan rekor temuan baru di wilayah Indonesia khususnya Kalimantan.

Metode yang digunakan dalam adalah metode eksplorasi dengan menjelajahi setiap sudut lokasi di mana ditemukannya jenis begoniaceae dan Zingeberaceae.

Kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa bagi ketiga mahasiswa Fakultas kehutanan Untan yang berkesempatan mengikuti ekspedisi, karena mereka bisa belajar langsung bersama peneliti-peneliti hebat.

Mereka berharap lebih banyak lagi kegiatan eksplorasi di Kalbar karena potensi flora di Kalbar sangat tinggi keanekaragaman jenisnya, dan kemungkinan masih banyak jenis baru yang belum terungkap.