7 Wirausahawan Indonesia Beromset Luar Biasa

7 wirausahawan indonesia beromset luar biasa – Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia. Ada lebih dari sekitar 200 juta jiwa yang menempati negara zamrud khatulistiwa ini. Dari ke-200 juta orang tersebut, Indonesia tengah menjadi negara yang dianugerahi bonus demografi selama 1 generasi. Bonus demografi adalah keadaan dimana suatu negara memiliki penduduk dengan mayoritas adalah mereka yang tengah berada di usia-usia produktif. Tak heran jika kini, mulai bermunculan bakat-bakat muda Indonesia yang menorehkan prestasinya di berbagai bidang. Mulai dari tingkat nasional, bahkan sampai kancah dunia. Salah satunya adalah pada bidang entrepreneur atau kewirausahaan.
Salah satu bentuk keuntungan dari fenomena bonus demografi yang yang dialami oleh Indonesia adalah, turut berubahnya juga pola piker maupun stigma masyarakat dari yang kolot dan kaku terhadap perubahan, menjadi lebih terbuka dan modern. Termasuk paradigm masyarakat tentang pekerjaan. Orang-orang tua selama ini kebanyakan berpikiran bahwa pekerjaan ideal adalah pekerjaan di pemerintahan karena ada jaminan hari tua atau uang pensiunan untuk para pegawai negeri. Padahal, di luar pekerjaan sebagai pegawai negeri, ada banyak sekali kesempatan untuk menjadi sukses yang dapat dijajaki selagi masih muda. Terutama pada bidang wirausaha.

Dengan berwirausaha di usia belia, kawula muda Indonesia dilatih untuk memiliki sikap bertanggung jawab, berpikir kritis, serta tidak takut terhadap tantangan. Sikap-sikap positif ini jika dimiliki oleh semua anak muda ibu pertiwi pasti akan memberikan andil besar pada karakter dan citra bangsa Indonesia untuk masa depan. Namun, ada sebagian besar lain masyarakat muda Indonesia yang takut untuk berwirausaha karena takut gagal. Publikasi yang kurang tentang contoh-contoh wirausahawan muda Indonesia yang sukses juga memiliki andil dalam kurangnya kepercayaan diri anak-anak muda terhadap wirausaha. Dan disni, kami akan membahas 7 orang wisausahawan Indonesia yang sukses pada waktu muda.

1. Hendy Setiyono
Jika hanya mendengar namanya, anda mungkin akan mengatakan bahwa dia bukanlah orang penting. Tapi, siapa sangka? Hendy setiyono adalah Presiden Direktur Kebab Baba Rafi yangmana merupakan kebab paling terkenal di seantero pulau sabang sampai merauke. Tidak main-main, sekarang Kebab Baba Rafi sudah memiliki lebih dari 100 outlet yang tersebar di seluruh kota-kota besar Indoensia. Tidak hanya itu, omset yang didapatkan oleh wirausahawan yang memulai usahanya pada usia 23 tahun itu dapat menembus angka 1 miliyar per bulannya. Luar biasa bukan?
Penampilan personal Hendy Setiyono sendiri sangat sederhana dan simple khas anak muda. Pemuda yang memutuskan untuk keluar dari bangku kuliah untuk fokus menggeluti usahanya ini tidak lantas berubah jadi pria bersetelan borjuis nan glamour sekalipun ia dapat melakukannya jika ingin. Ia juga sudah mendapatkan berbagai penghargaan di bidang entrepreneur baing dalam kancah nasional maupun kancah dunia.

Baca juga   Perbatasan, Tupoksi Pusat dan Daerah Harus Seimbang

2. Victor Giovan Raihan
Nama depannya biasa membuat orang terkecoh mengira pemuda tampan ini bukan orang Indonesia. Namun yakinlah, pria yang memulai bisnis Teh Kempot di bangku SMA ini adalah orang asli Indonesia. Bisnis yang ia jalani ada di bidang kuliner, khususnya minuman segar perpaduan antara teh dan susu fermentasi atau yoghurt. Rasa produk Teh Kempot yang unik dan baru di Indonesia, dipadukan dengan harga yang relative murah untuk ukuran kantong siswa sekolah menjadikan viktor sebagai usahawan muda yang pada usia kurang dari 20 tahunnya ia sudah memiliki 10 outlet Teh Kempot. Harga Teh Kempotpada awal kedatangannya per 200 ml adalah sekitar 2000-3000 rupiah. Tak heran jika produk satu ini langsung menjadi incaran favorit anak sekolahan untuk menghilangkan dahaga.
Dengan modal kurang dari 5 juta yangmana adalah hasil meminjam dari orang tua, kini Teh Kempot sudah dapat menghasilkan omset setidaknya 2 juta per bulan di setiap outletnya.

Selidik punya selidik, ternyata bisnis Teh Kempot ini hanyalah bisnis sampingan untuk Victor. Ia memiliki bisnis utama yakni Bakso Mecon yang tak kalah populernya. Muda, hebat, berbakat. Tertarik mengikuti jejaknya?

Pengusaha muda
Riezka Rahmatiana (foto tribunnews)

3. Rizka Rahmatiana
Gadis manis berwajah oriental ini adalah salah satu wirausahawan sukses di Indonesia pada bidang kuliner. Rizka menjajaki dunia entrepreneur ini dengan bersenjatakan Es Pisang Hijau JustMine. Berbekal tekad, dan tanpa pengalaman berkunjung langsung ke Makassar yangmana adalah kota asli es pisang hijau ini berasal, Rizka kini sudah menjadi Presiden Direktur JustMine yang pergerainya sudah digandrungi oleh 10 waralaba. Rizka bervariasi pada rasa-rasa di produk Es Pisang Hijau JustMine miliknya. Dengan motivasi untuk meringankan beban orang tua, dalam satu hari kini Rizka sudah dapat memproduksi 500 porsi Es Pisang Hijau per-waralaba. Dan sekarang aktif mengembangkan Bandung Banana oleh oleh khas bandung.

4. Elang Gumilang
Mengawali bisnis perumahan merakyat pada tahun 2005, kini Elang Gumilang sudah menjaddi salah satu tokoh wirausahawan muda yan sukses di bidang property. Elang Gumilang adalah pencetus sekaligus pelaksana ide rumah mungil nan fungsional berukuran 22/60 m2 yang harganya dibandrol sangat murah sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.
Jiwa wiraushagawan Elang sudah terpupuk sejak di bangku kuliah. Mulai dari berjualan donat, sepatu, sampai bisnis lampu semuanya pernah ia lakoni. Dengan keuletan dan kerja keras yang tidak main-main, kini Elang bisnis terbesar elang berupa rumah mungil fungsional ini sudah membangun sekitar 200 unit rumah untuk rakyat kecil. Omsetnya? Wah jangan ditanya. Pria yang sudah melewati ambang 25 tahun ini dapat mengantongi 20 miliyar per bulannya. Fantastis bukan? Meski demikian, Elang tak lupa pada tujuan awalnya membangun rumah untuk rakyat kecil, yaitu untuk berbisnis sekaligus beribadah. Maka dari itu, 10% dari keuntungan yang ia dapatkan selalu di sumbangkan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga   Ketua Umum MUI: Tugas Layani Umat Termasuk Pemerintah

5. Theresa Deka Putri
Wanita cantik yang memiliki warna wajah khas etnis Tionghoa ini juga turut menorehkan namanya dalam daftar orang-orang yang sukses di bidang wirausaha pada usia muda. Ia mencoba untuk menyentuh dunia bisnis kuliner minuman hangat. Pada usia 25 tahun, ia berinovasi untuk menciptakan minuman Kopi Luwak Lanang. Kata “lanang” diambil dari Bahasa Jawa yang artinya adalah jantan. Seperti namanya, Theresa hanya memproduksi kopi-kopi berkualitas dari luwak jantan. Meskipun terdengar simple, bisnis ini ternyata memiliki tempat yang tepat di pasaran. Karenanya, peraih penghargaan Wirausaha Muda Mandiri pada tahun2012 ini sudah dapat mengantongi omset 1 milyar rupiah serta melebarkan sayap bisnisnya ke negara-negara di Asia seperti Taiwan, Jepang, bahkan Korea Selatan.

6. Reza Nurhilman
Meskipun nama pebisnis satu ini terdengar asing, Anda pasti mengetahui produk yang dijualnya. Ya, pemuda jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha Bandung ini adalah pemilik bisnis keripik pedas Maicih. Keripik pedas yang memiliki level atau tingat kepedasannya ini masih ramai dicari oleh orang-orang pecinta makanan-makanan becitarasa gurih pedas.
Mengawali masa-masa lulus SMA dengan bekerja secara serabutan, kini Reza sudah memiliki lebih dari 80 agen penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia. Meski tidak mau begitu terbuka dalam membicarakan omset, terdapat banyak desas sesus yang mengatakan bahwa omset Keripik Maicih ini mencapai milyaran rupiah.

7. Merry Riana
Siapa yang tidak kenal dengan wanita yang kisah hidupnya dijadikan sebuah film layar lebar yang menginspirasi masyarakat dengan mimpi sejuta dolarnya? Wanita yang sudah menyandang gelar sebagai entrepreneur dan motivator wanita no.1 di Asia ini selalu dapat menggugah minat atau setidaknya membuka seseorang tentang mencapai kesuksesan dan hidup mandiri sebelum umur 30.
Terinspirasi dari kisah hidupny sendiri yang harus “mengungsi” ke Singapura karena kasus kerusuhan 98, Merry Riana selalu menegaskan bahwa dibalik kesengsaraan dan kepedihan hidup, selalu ada cahaya terang di ujung jalan yang hanya akan kita dapatkan jika kita terus berjalan.
Keuntungan yang didapatkan? Pada usia 36 tahun saja ia sudah dapat menghasilkan lebih dari satu juta dollar. Wah, terbayang bukan berapa penghasilannya sekarang?

Penulis yang suka nulis