Bank Indonesia Pantau Harga Komoditas Kebutuhan Pokok Melalui Aplikasi Gencil

GENCIL NEWS – BANK INDONESIA – Mencermati masih tingginya faktor risiko dan tantangan dalam pengendalian inflasi yang dihadapi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto, melakukan langkah-langkah strategis salah satunya adalah berkoordinasi  dengan TPID se-Provinsi Kalimantan Barat.

“Kerjasama ini akan terus diperkuat dan difokuskan terutama dalam rangka memitigasi risiko kenaikan harga serta kelancaran distribusi pasokan bahan pangan strategis,” tegas Dwi.

Dwi mengungkapkan, beberapa langkah pengendalian inflasi yang telah dilakukan oleh TPID se-Kalimantan Barat serta rekomendasi penting yang dihasilkan oleh TPID antara lain melalui peninjauan langsung ke pasar tradisional untuk memastikan kecukupan stok komoditas pangan pada momen tertentu.

Dwi mencontohkan, misalnya selama periode bulan Ramadhan dan Idul Fitri lalu, TPID se-Provinsi Kalimantan Barat telah menyelenggarakan operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga, menyelenggarakan pasar murah dengan target KK kategori miskin dan sangat miskin.

Lebih lanjuta Dwi mengatakan, untuk mengoptimalkan pemantauan harga komoditas kebutuhan pokok TPID melakukan terobosan dengan memanfaatkan teknologi terkini yaitu melalui aplikasi Gencil.

“Kami bekerjasama antara Pemerintah Kota Pontianak, Pontianak Digital Stream dan Bank Indonesia melalui aplikasi Gencil yang saat ini aplikasi tersebut dapat diunduh melalui sistem Android dan iOS,” ujarnya.

Baca juga   LAPAN Integrasikan Informasi Cuaca ke Aplikasi Gencil