Berburu Oleh Oleh Khas Pontianak

Berburu oleh oleh khas pontianak – Pontianak merupakan sebuah Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Kota Pontianak ini merupakan satu dari beberapa kota-kota yang menarik di Indonesia, Kota Pontianak ini memiliki daya tarik tersendiri karena Kota Pontianak ini dilalui oleh garis khatulistiwa.

Bahkan bukan hanya itu saja, di Kota Pontianak ini juga dilalui oleh sungai yang terpanjang di Indonesia, sungai tersebut yaitu sungai Kapuas. Selain kedua tempat tersebut, ada keunikan dari Kota Pontianak ini yaitu sejarah penamaan Pontianak. Pada jaman dahulu sebelum menjadi kota wisata, tempat ini adalah sebuah hutan belantara. Lama kelamaan seiring perkembangan jaman, pada saat itu penduduk sekitar akan membuat sebuah perkampungan dengan menebang pohon di hutan tersebut. Namun, ketika para penduduk sedang menebang pohon dan sedang bekerja, mereka seringkali diganggu oleh gangguan-gangguan makhluk halus yang berwujud kuntilanak. Para penduduk pun bingung dan bertanya kepada pemimpin mereka pada saat itu yaitu Syarif Abdurrahman Alkadrie apa yang harus dilakukan. Kemudian Syarif Aburrahman pun memiliki ide dengan membawa Meriam ke hutan dan menembakkan kea rah suara kuntilanak tersebut dengan tujuan agar kuntilanak tersebut kaget. Ternyata cara itu berhasil dan membuat kuntilanak tidak mengganggu para penduduk lagi. Pada saat itulah nama Pontianak diresmikan, dan Syarif Abdurrahman Alkadrie diangkat menjadi pemimpin Kota Pontianak.

Selain memiliki cerita sejarah yang unik, Kota Pontianak ini juga memiliki daya tarik lainnya yang membuat para wisatawan lokal bahkan wisatawan asing pun ingin berlomba-lomba mengunjungi tempat ini salah satunya karena adanya berbagai objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang sangat menyejukkan mata. Diantara objek wisata yang ada di Kota Pontianak ini yaitu Pantai Pasir Panjang, Aloe Vera Center, Taman Bukit Bougenville, Taman Alun-Alun Kapuas, Sinka Island Park, Museum Kalimantan Barat, Rumah Betang Radang, Tugu Khatulistiwa dan lain sebagainya. Semua objek wisata yang ada di Kota Pontianak ini tentunya sangat menarik untuk dikunjungi, jadi akan sayang jika dilewatkan. Masih ada hal lain yang menjadi daya tarik bagi Kota Pontianak ini yaitu karena adanya aneka oleh-oleh khas Kota Pontianak. Mau tau apa sajakah oleh-oleh khas Kota Pontianak? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Aneka Oleh-Oleh Khas Pontianak

Oleh-oleh atau buah tangan memang sangat kuat kaitannya dengan perkembangan suatu kota atau suatu tempat wisata. Anda tentunya dapat melihat di setiap kota atau objek wisata pasti memiliki oleh-oleh seperti makanan, cinderamata, dan lain sebagainya yang memiliki ciri khas tersendiri. Seperti yang ada di Kota Pontianak, Kota Pontianak memiliki berbagai macam oleh-oleh atau makanan khas yang wajib Anda coba, diantaranya sebagai berikut ini :

kopi sepok pontianak (foto tokopedia)
  1. Kopi Sepok Khas Pontianak.
    Kota Pontianak terkenal dengan julukan yaitu kota seribu warung kopi, karena hampir di tiap jalan terdapat sebuah warung kopi. Kopi Sepok merupakan Bahasa melayu yang memiliki arti kampungan atau udik, walaupun namanya udik atau kampungan namun rasa yang dihasilkan oleh kopi ini sangat nikmat dan sangat enak. Kopi ini pun juga dikemas dengan kemasan yang sangat elegan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.
  2. Cabe Kak Lina, Sambal Khas Pontianak.
    Untuk para penggemar pedas, Anda sangat cocok untuk mencoba olahan sambal khas Pontianak ini yaitu Cabe Kak Lina. Olahan cabe ini sangat aman tidak mengandung bahan pengawet dan MSG jadi aman untuk dikonsumsi. Ada berbagai macam kemasan Cabe Kak Lina ini seperti cabe botol, cabe bubuk, cabe cocol, dan lain sebagainya. Kemasannya yang unik sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh.
  3. Amplang Ikan Tenggiri, Khas Pontianak.
    Amplang merupakan makanan khas Kota Pontianak yang bahan utama pembuatannya yaitu menggunakan ikan Tenggiri dan beberapa campuran lainnya. Tak lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Kota Pontianak namun tidak membeli Amplang sebagai oleh-oleh.
  4. Kritem, Kripik Tempe Khas Pontianak.
    Kritem atau kripik tempe merupakan olahan tempa khas Pontianak yang memiliki rasa yang nikmat. Walaupun hanya olahan tempe, namun kripik tempe ini diolah menjadi camilan yang sangat enak. Selain itu, kemasan kripik tempe ini juga sangat mewah sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh.
  5. Coklat Cempon, Khas Pontianak.
    Cokelat merupakan makanan yang manis dan hampir semua orang menyukai cokelat. Di Kota Pontianak, terdapat sebuah cokelat yang sangat enak yaitu cokealt sempon atau cemilan Pontianak. Cokelat cempon ini juga memiliki berbagai rasa dari vanilla, cokelat, dan lain sebagainya. Selain memiliki rasa yang sangat enak, cokelat cempon ini dikemas dengan sangat baik dan elegan sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh dari Kota Pontiana (seperti gambar dibawah ini).

    coklat cempon pontianak (foto omiyago)

Selain beberapa oleh-oleh terutama jajanan atau makanan khas Kota Pontianak, ada beberapa oleh-oleh lain berupa berbagai macam cinderamata yang sangat indah. Selain membeli makanan-makanan khas Kota Pontianak, Anda juga wajib membeli beberapa cinderamata di bawah ini sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah, diantara sebagai berikut ini :

  1. Soeltan Tenun Warisan Khas Sambas, Pontianak.
    Soeltan Tenun ini merupakan kain tenun khas Kota Pontianak yang memiliki motif dan corak yang sangat indah. Walaupun tenun biasanya terkesan kuno dan hanya bisa digunakan pada acara-acara tertentu saja, namun tenun ini dibuat dengan sedemikian rupa dengan model dan desain yang cocok digunakan untuk berbagai macam acara dari acara formal sampai cocok digunakan sehari-hari, jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Pontianak.
  2. Aneka Miniatur Tentang Pontianak.
    Ada beberapa pengrajin Pontianak yang membuat berbagai macam miniatur seperti miniatur Tugu Khatulistiwa, miniature rumah adat, dan miniatur-miniatur lainnya yang sangat cocok untuk Anda beli sebagai kenang-kenangan pernah mengunjungi Kota Pontianak ini. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga Anda.
  3. Aneka gantungan Kunci Tentang Pontianak.
    Selain miniatur-miniatur Kota Pontianak, ada juga kerajinan tangan khas Pontianak yaitu berbagai macam gantungan kunci seperti beberapa senjata daerah khas Kalimantan yaitu Mandau, Perisa, dan lain sebagainya.
  4. Batu-batuan.
    Batuan Kalimantan sudah sangat terkenal karena memiliki warna dan juga kilau yang sangat indah, biasanya batuan ini dijadikan sebagai gelang, kalung, dan aneka perhiasan lainnya. Anda bisa menjadikannya salah satu pilhan dalam membeli oleh-oleh khas Pontianak.
  5. Kaos Pontianak.
    Untuk Anda yang ingin sekali membelikan keluarga atau teman-teman Anda oleh-oleh namun tidak memiliki biaya yang cukup banyak, maka cinderamata yang sangat cocok yaitu kaos-kaos bertuliskan Pontianak. Kaos-kaos bertuliskan ataupun bergambar Kota Pontianak memang banyak di jual di berbagai tempat wisata maupun di berbagai tempat oleh-oleh di Kota Pontianak.

Di atas merupakan beberapa info seputar Kota Pontianak mulai dari sejarah Kota Pontianak, kemudian objek wisata Pontianak, dan berbagai macam aneka oleh-oleh seperti aneka olahan makanan dan beberapa kerajinan tangan yang sangat khas dari Kota Pontianak. Jadi, oleh-oleh manakah yang akan Anda beli untuk keluarga Anda di rumah? Tunggu apalagi, yuk ke Kota Pontianak sekarang juga. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat.