Jadi Pengusaha Mentalnya Itu Yang Harus Dijaga

GENCIL.NEWS Banyak orang memilih terus menjadi eksekutif ketimbang menjadi entrepreneur. Alasannya, kerap sangat klasik dan sederhana. Tak mau repot, tak punya modal, atau takut gagal. Ada juga yang memilih terus menjadi eksekutif karena merasa sudah mapan dengan posisi tersebut.

Yang menarik, mereka yang punya ketakutan seperti itu sering kali belum pernah mencoba sama sekali untuk membuka bisnis serta menjalani usaha mandiri. Atau, baru mencoba satu, dua kali, tak memperoleh return seperti yang diharapkan, putus asa, lalu memilih menghentikan usahanya.

Berani mencoba adalah syarat utama dan merupakan langkah awal dan utama untuk memulai buka usaha. Jika memiliki cita-cita tertinggi, kita harus berani memulai dari langkah pertama. Tidak ada keberhasilan tanpa memulai dengan langkah pertama. Tidak ada satupun di Dunia, termasuk dunia pengusaha yang dapat menggantikan keberanian berani mencoba. Sebagus apapun bakat seseorang, tidak akan sukses tanpa mulai mencoba.

Rabu (31/01) bertempat di Gedung BI Pontianak hadir  pembicara diantaranya rendy saputra, andi sangkuru, kang mohan, abi darwisz armala dan dr. Fahmi dengan mengusung tema Pontianak Balak,  saatnya pengusaha lokal go nasional,  mengajak kepada para peserta untuk sama sama belajar mengupgrade ilmunya lewat seminar ini sehingga pengusaha lokal Pontianak bisa go nasional bahkan internasional.

Kepala perwakilan BI Kalbar, Prijono mengatakan kue ekonomi Indonesia saat ini terbesar di Jawa 40%, Jakarta 18%, Sumatera 23%, sedangkan Kalimantan 17%, namun hal ini merupakan peluang untuk para pelaku usaha lokal jadi tidak hanya nasional tapi bisa internasional.

Prijono mengatakan target ekomoni tidak hanya harus tinggi tapi harus merata. Caranya, kita semua jadi aktor di ekonomi tersebut. “Jadi sama sama jadi aktor ekonomi,” geliat pelaku usaha di Pontianak juga makin tumbuh. Sehingga perlu adanya sinergi anatara BI, Pemkot dan pelaku usaha.

BI juga sudah membantu para pelaku umkm berupa pemberian kredit kepada mereka dengan cara memberikan kebijakan kepada para bank untuk menyalurkan kreditnya ke para UMKM.

Prijono mengatakan dalam sambutanya kehadiran pak walikota adalah bentuk komitmen utk mengembangkan umkm. “Ini hal yang luar biasa,” ujarnya.

Sikap mental yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha  agar sukses menjalankan usahanya

1. Kreatif dan Inovatif.
Bermental Wirausahawan terletak pada seberapa besar seseorang dapat mengekspresikan dan mengeksploitasi kemampuan dirinya, berimajinasi, senantiasa mendapatkan inspirasi, menciptakan atau memperbaharui sesuatu yang belum terpikirkan oleh orang lain dan hasil inovasinya itu menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual.

2. Optimis, Tegar Dan Ulet.
Rasa percaya diri yang tinggi (tidak berlebihan), tegar dan sangat ulet patut menjadi modal dasar dalam berwirausaha. Seseorang yang demikian tidak akan mudah putus asa, bahkan mungkin tidak pernah putus asa. Masalah akan dihadapinya dan bukan dihindari

3. Pekerja Keras.
Waktu kerja bagi seorang wirausahawan tidak ditentukan oleh jam kerja. Saat ia sadar dari bangun tidurnya, pikirannya sudah bekerja membuat rencana, menyusun strategi atau memecahkan masalah.

4. Multi Tasking.
Bermental Wirausahawan sejati artinya dia Mempu memandang sesuatu dalam perspektif/dimensi yang berlainan. Bahkan mampu melakukan multi-tasking (melakukan beberapa hal pekerjaan/solusi sekaligus).

5. Berhemat.
Wirausahawan yang bijaksana biasanya hemat dan sangat berhati-hati dalam menggunakan uangnya terutama jika ia dalam tahap awak usahanya. Setiap pengeluaran untuk kepentingan pribadi dipikirkannya secara serius sebab ia sadar bahwa sewaktu-waktu uang yang ada akan diperlukan untuk modal usaha atau modal kerja.
Berani Ambil Resiko.
Seorang wirausahawan berani mengambil resiko. Semakin besar resiko yang diambilnya, semakin besar pula kesempatan untuk meraih keuntungan karena jumlah pemain semakin sedikit.

Dalam seminar sehari  Pontianak Balak, saatnya pengusaha lokal go nasional, Hadir  Walikota Pontianak. Sutarmidji mengungkapkan kegembiraanya dengan adanya acara khusus pengusaha ini. Tentunya Pemkot akan terus membantu para pelaku usaha lokal semisal dengan memberikan kemudahan izin pengurusan usaha.

Sutarmidji  berpesan kepada para pengusaha yang hadir agar tidak takut melangkah. “Apapun yang kita mau buat harusnya bisa. Dengan pengalaman yang kita punya itulah modalnya,” ujarnya.

Bang Midji juga mengatakan, mental pelaku UMKM juga harus terus diasah dan dijaga. Mental pengusaha itulah yang dapat mempertahankan semangat para pengusaha untuk tetap fokus berbisnis. (gen)