Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi

Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi

GENCIL NEWS – Minggu, 17 September 2017, Skytrain Bandara Internasional Sekoerno-Hatta diresmikan oleh Sumadi selaku Menteri Perhubungan Budi Karya, Rini Soemarno selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan M. Awaluddin selaku Direktor Utama PT Angkasa Pura II (Persero).

“Ini APMS pertama di Indonesia. Untuk kami di Kementerian BUMN maupun BUMN sendiri pekerjaan yang terus diikuti terus bersama-sama sinergi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia maupun asing. Sehingga saya bangga kita dalam 12 bulan mulai APMS,” ujar Rini dalam peresmian Syktrain di Shelter Terminal 3 Bandara Internasionak Soerkarno-Hatta.

Dalam kesempatan yang sama, Awaluddin juga mengungkapkan bahwa pembangunan Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta melaui berbagai tahap. Dimana tahap 1 dengan menghubungkan terminal 3 ke 2 dan sebaliknya. Dan dalam hal ini maka ia mengatakan waktu pembangunan yang dilakukan in termasuk cepat, karena hanya dalam waktu 12 bulan saja.

Tahap 1 pengoperasian Skytrain telah dilengkapi dengan 1 trainset yang terdiri dari 2 gerbong kereta dengan kapasitas penumpang 176 orang dalam 1 kali perjalanan. Dengan begitu Awaluddin juga berharap bahwa untuk ke depannya, Skytrain ini dapat beroperasi penuh dengan 3 trainset, yang akan menghubungkan seluruh terminal penumpang dan terintegrasi.

Untuk pembangunan skytrain sendiri, PT Angkasa Pura 2 ikut berinvestasi dana sebesar 950 miliar. dan untuk pengadaan trainset skytrain sendiri, disiapkan langsung oleh PT LEN Industroi (Persero) dan Woojin asal kores.  Bahkan untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalur dan terminal skytrain PT Angkasa Pura II menginvestasikan dana 420 miliar, dimana pembangunannya dilakukan langsung oleh KSO antara PT Indulexco dan PT Wijaya Karya Tbk.