Bangga, Eksistensi Tenun Sambas Patut Diacungi Jempol

Bangga, Eksistensi Tenun Sambas Patut Diacungi Jempol

GENCIL NEWS – KABUPATEN SAMBAS – Popularitas kain tenun Sambas sebagai salah satu hasil kebudayaan lokal memang mengagumkan. Hal ini terbukti dari meningkatnya permintaan pasar dan respon yang ditunjukkan oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Sambas, Hairiah yang mengarahkan bahwa dengan berkembangnya jaman, tenun songket Sambas terus mengalami kemajuan dan progres yang sangat menjanjikan.

“Seiring sejalan dengan promosi yang terus dilakukan baik oleh pemerintah dan masyarakat, sesungguhnya memberikan nilai positif bagi semua pihak. Upaya mengenalkan kain tenun dilakukan dimana pun dengan berbagai cara,” paparnya jelas.

Ia juga bertekad akan gencar melakukan promosi entah pada saat bertemu dengan tamu dalam negeri maupun luar negeri.

“Saat ini kita dapat rasakan bahwa kain tenun menjadi kain yang sangat diminati oleh semua kalangan. Karena dapat dipakai dalam bentuk kain, maupun di design dalam gaun-gaun elegant yang dibuat dan diolah oleh designer berkelas internasional” tambahnya.

Menurutnya, tenun Sambas merupakan ikon dari budaya yang masih terjaga. Karena di dalamnya terselip motif-motif yang mewakili cerita menarik khas Sambas, corak ini ditonjolkan melalui warna serta komposisinya.

“Untuk itu, sebagai generasi yang ada saat ini akan terus mengenalkan tenun sambas ke semua pihak dan pada kesempatan apapun. Seperti hari ini, kepada Duta besar Amerika untuk Indonesia,”. katanya.

Ia sangat optimis dengan dibukanya PLBN Aruk untuk kendaraan yang diharapkan akan berpengaruh terhadap angka penjualannya.