8 November 2018 Guns N’ Roses Menghentak Indonesia

Siapa yang masih ingat dengan  garukan halus Slash pada intro Sweet Child o’ Mine atau siulan khas Axl Rose pada lagu balada Patience?

Guns N’ Roses adalah band rock n roll terkenal pada era 1980an sampai dengan 1990an. Band yang digawangi oleh Axl Rose (vokal), Slash (gitar), Izzy Stradlin (rhytm Guitar), Duff Mc Kagan (bass), dan Steven Adler (drum) saat itu mencuri perhatian dunia dengan debut album Apetite For Destruction dengan hits super seperti Welcome to the junggle, Paradise City, Mr. Brownstone, dan Mega Hits Sweet Child o’ Mine.

guns n’ roses formasi album apetite for destruction
Duff mc kagan, Slash, W.Axl Rose, Izzy Stradlin, Steven Adler

Diawal tahun 90an, Guns N Roses mengeluarkan double album, dan album ini dianggap album yang paling berbahaya di muka bumi. Album yang bertajuk Use Your Ilussion diberi jilid 1 dan 2, punya banyak hits seperti Don’t Cry, November rain, Estranged, Civil War, Dead horse, Get In the ring, 14 Years, dan You Coul Be Mine, serta merta menjadikan Guns N’ Roses sebagai band yang menjual album terbanyak, dan menempatkan lagu-lagu dan album mereka di jajaran chart di berbagai belahan dunia.

Use Your Illusion 2
Hits You Could Be mine (OST TERMINATOR), Civil War (OST Cool Hand Luke)
Dont Cry versi 2, Get In The ring, Estranged

Nyaris kehidupan mereka berubah drastis dari musisi panggung kecil berubah ke panggung kelas dunia. Dan penyakit perpecahan pun timbul dalam tubuh Guns N ‘ Roses.

Dipecatnya Steven Adler yang dianggap tak bisa lepas dari narkoba pasca album apetite for destruction diluncurkan. Keluarnya Izzy Stradlin sang maestro pencipta hits Guns N Roses ditengah konser panjang mereka. Dan paling dasyatnya adalah dipecatnya sang ikon, Slash akibat pertengkaran hebatnya dengan Axl Rose. Lalu di ikuti Duff Mc Kagan dan Matt Sorum

Penggemar mereka pun seperti disambar petir disiang bolong, dan hampir tak bisa menerima kenyataan ini. Axl Rose yang dikenal sosok yang temperamental ini punya niat yang tulus, bahwa ia akan tetap mengibarkan bendera Guns N Roses walau pun tanpa serdadu-serdadu lama. Ia pun mengumpulkan musisi besar untuk ikut dalam project Guns N Roses. Ada kabar miring yang mengatakan, pasca GNR menyisakan 1 personil asli, band GNR tak lebih seperti Project Solo dari Axl Rose.

Who care? Para penggemar mereka pun seakan tak peduli, GNR ibarat oksigen yang wajib dihirup oleh mereka. Pintu panggung terbuka di seluruh dunia terbuka untuk Guns N Roses.

Walau pun zaman telah berubah, penggemar mereka datang dari berbagai usia. Bahkan fans kelahiran pasca band ini ditinggal personil asli, tetap menyukai guns n roses. Seakan wabah penyakit yang tak tersembuhkan.

Axl Rose menyimpan amarah yang maha dasyat, ketika dirinya merasa bahwa ia dikhianati oleh Slash, yang meninggalkan dirinya dalam keterpurukan Guns N Roses pasca album Spaghetti Incident. Dan sejak itu Axl Rose seakan mencoret nama Slash dari hatinya, bahkan tak segan ia mengusir penonton konser GNR jika kedapatan memakai kaos bertulis Slash

Seiring pertambahan usia, seseorang biasanya menjadi bijak. Dan hawa sejuk ini pun menyelimuti Axl Rose, dengan semangat perdamaian yang ada ia menghubungi beberapa relasi lamanya untuk menerima tantangan konser bersama seperti dahulu kala.

Gilby Clarke, Matt Sorum, Duff Mc Kagan, Slash, Steven Adler

Bayaran yang besar diduga menjadi api semangat untuk mengumpulkan para serdadu ini bisa berperang di atas panggung. Dimulai dari Duff Mc Kagan, Steven Adler, Gilby Clarke, Matt Sorum dan yang fenomenal adalah sang gitaris rambut kriwil dengan topi sulapnya, yaitu Saul Hudson a.k.a Slash.


Guns N’ Roses berencana menggelar konser di Jakarta pada 8 November 2018. Ini merupakan konser kedua band lawas asal Amerika Serikat itu di Indonesia.

Konser Guns N’ Roses di Jakarta nanti merupakan rangkaian dari tur bertajuk Not in This Lifetime…Tour yang digelar sejak April 2016 lalu. Informasi konser tersebut diperoleh dari laman resmi Guns N’ Roses, www.gunsnroses.com.

Dalam konser bertajuk ‘Not in This Lifetime Tour’ nanti, Guns N Roses akan tampil dalam formasi reuni. Sang gitaris ikonik, Slash, dipastikan turut memeriahkan panggung tersebut.

“Berbeda dengan beberapa tahun lalu, mereka ke sini kan waktu itu yang datang hanya Axl (Axl Rose, vokalis Guns N Roses). Yang ini mereka datang dengan format reuni,” kata Adib Hidayat selaku juru bicara pihak penyelenggara saat ditemui di Hard Rock Cafe, Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Meski demikian, penyelenggara memastikan, kali ini Slash akan ikut ke Indonesia.

“Di Twitter sempat ada yang tanya, ‘Ini Slash kan lagi tur sama Myles Kennedy nih, ini dia ikut apa nggak?’ Saya bilang, ikut, karena Guns N Roses sekarang memang lagi break dan break itu dipakai Slash untuk ikut tur proyek lain dia,” jelas Adib.


Guns N Roses (Frazer Harrison/Getty Images for Coachella)

Lebih dari 40.000 tiket Guns N’ Roses – “Not In This Lifetime” Tour in Jakarta 2018 mulai dijual pada 29 juni 2018. Promotor menawarkan 8 kategori tiket untuk fans yang dimulai dari harga Rp450.000 untuk Green Zone hingga Rp5.500.000 untuk tiket VIP Paradise City.

Pemegang tiket VIP Paradise City akan mendapatkan akses khusus ke lobby masuk VIP serta akses menuju fasilitas makanan dan minuman.

Sebelumnya, tiket pre-sale telah habis terjual dalam waktu tiga jam setelah dibuka pada 27 Juni 2018 kemarin, dan penjualan tiket General dapat diekspektasi untuk cepat terjual.

“Karena para fans yang begitu antusias, 2 hari lalu tiket Pre-Sale dengan luar biasa cepatnya habis terjual hanya dalam waktu 3 jam saja. Ribuan fans banyak yang belum beruntung untuk mendapatkan tiket. Maka kami menyarankan untuk melakukan pembelian tiket lebih awal dan memastikan agar fans mendapatkan tiket dari kategori yang mereka inginkan”. kata Samantha Tzovolos, CEO Third Eye Management

Konser Guns N Roses akan berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 8 November 2018. Ini adalah kali kedua mereka tampil di Jakarta.

Sebelumnya, band tersebut menyapa para penggemar di Jakarta pada 15 Desember 2012 di Lapangan D Senayan. (raw)