Fotografer Legendaris Turki Ara Guler Meninggal pada usia 90

Fotografer Turki legendaris Ara Guler, yang terkenal karena gambar ikonik Istanbul yang menangkap hampir tiga perempat abad sejarah kota itu,  meninggal pada usia 90, kata media pemerintah.

Fotografer Turki legendaris Ara Guler

 

Guler meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit di Istanbul untuk perawatan darurat karena gagal jantung, kata kantor berita Anadolu yang dikelola pemerintah.

Karyanya termasuk gambar-gambar dari masjid dan landmark terkenal di kota itu, foto-foto pekerja yang menjalani kehidupan sehari-hari mereka hingga foto-foto langka Istanbul yang ditutupi selimut salju.

Melestarikan kota

Di sebuah kota yang sekarang berubah dengan cepat, pekerjaan Guler adalah melestarikan sisi Istanbul yang kini telah hilang.

Penulis Turki ternama dan pemenang Hadiah Nobel Sastra Orhan Pamuk terkenal menggunakan gambar Guler dalam bukunya “Istanbul: Memories and the City” di mana foto-foto berasap dan berkabut.

Baca juga   Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia Masuk Kurikulum di sekolah-sekolah Turki

Lahir di Istanbul

Lahir di sebuah keluarga Armenia di Istanbul, Guler belajar di sekolah Armenia di sana dan mulai bekerja sebagai fotografer di koran Turki Yeni.

Dia mendapat kesempatan internasional pertamanya sebagai fotografer pada tahun 1958 ketika majalah AS Time-Life membuka kantor Turki.

Dia kemudian bertemu orang-orang seperti Marc Riboud dan Henri Cartier-Bresson yang mendaftarkannya untuk bergabung dengan agensi foto ternama, Magnum. Fans suka menyebut Guler sebagai “Mata Istanbul,”.

Bekerja di seluruh dunia

Karyanya membawanya ke seluruh dunia ke Afrika dan Afghanistan serta Turki asalnya dan menghasilkan banyak buku, yang tetap menjadi favorit para pencari suvenir Istanbul hingga hari ini.

Baca juga   Erdogan Janji Ungkap Rincian Kasus Pembunuhan Khashoggi

Guler adalah wajah yang terkenal di Istanbul dan bahkan dalam bulan-bulan terakhirnya dapat secara teratur dilihat di luar meja kafe yang dimilikinya, Ara Café, di Istanbul pusat, yang dihiasi dengan foto-fotonya.

 

 

 

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.