GENCIL NEWS – Nasi kuning tentunya tak asing lagi bagi sebagian orang yang tinggal di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini memang nasi kuning menjadi salah satu makanan khas masyarakat indonesia. Salah satu yang memiliki kuliner khas dengan nasi kuning yaitu Kalimantan Barat. Namun nasi kuning khas Kalimantan Barat ini berbeda dengan nasi kuning pada daerah lainnya.

Keunikan nasi kuning dari Kalimantan Barat yaitu cara penyajiannya, karena nasi kuning Kalbar disajikan dengan ayam dan yang membedakan adalah bumbu habang. Lauk yang dimasak dengan bumbu warna merah atau habang ini menambah keunikan tersendiri dari nasi kuning khas Kalbar, karena dapat memberikan warna tersendiri dari penyajiannya.

Habang atau dalam bahasa Banjar artinya merah, dan warna merah ini dihasilkan dari cabe merah khas Kalimantan Barat. Dan uniknya lagi, bumbu habang ini memiliki rasa yang manis dan asin, sedangkan untuk rasa pedasnya hampir tidak ada, hal ini karena cabe merah yang digunakan khas dari Kalbar yang berukuran besar seperti paprika.

Nasi kuning biasanya disajikan ketika ada perayaan atau syukuran. Dan pelengkap lauk pauk lainnya dari nasi kuning khas Kalbar lainnya yang tak kalah menarik yaitu ikan gabus, ayam, telur, bumbu habang dan lainnya yang tentunya dimasak dengan bumbu khas Kalimantan.

Meskipun nasi kuning biasanya disajikan ketika ada perayaan, namun anda tentunya bisa menemukan nasi kuning khas Kalbar di beberapa warung makan yang ada di Kalimantan Barat.

Baca juga   Ramadhan, Stok Kebutuhan Pangan Aman