Liburan menyenangkan dengan berkunjung ke kota khatulistiwa . Berwisata ditengah tengah padatnya aktivitas kita sehari hari saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Aktivitas yang tinggi membuat banyak orang mudah mengalami stres. Untuk mengatasi tersebut berwisata adalah salah satu cara kita melepaskan beban hidup sehari hari.

libiran keluarga ke pontianak
liburan keluarga (foto pinterest)

Tidak mengherankan jika saat ini industri pariwisata berkembang pesat. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan kita untuk berwisata.

Ketika musim liburan datang. Berbondong bondong orang akan melakukan perjalanan wisata untuk melepaskan penat berkutat dengan aktivitas hidup sehari hari.

Hal ini bisa dilihat dengan meningkatnya arus mobilitas orang di jalan jalan arah menuju tempat pariwisata. Misalnya di jakarta jika ada libur panjang atau istilahnya long weekend maka akan terjadi antrian panjang di jalan menuju arah puncak.

Bahkan orang rela antri, terjebak macet berjam jam untuk bisa sekedar melepaskan lelah berlibur ke tempat wisata yang dianggap mampu membuat pikiran menjadi segar kembali.

Jika melihat fenomena tersebut banyak orang mulai melirik berwisata ke tempat tempat yang akses ke sananya mudah dan lancar.

Hal ini memang menjadi pertimbangan penting. Biasanya dikarenakan jumlah liburan yang terbatas maka orang akan sangat mempertimbangkan waktu untuk perencanaan wisatanya.

Jarak tempuh dan akses kelancaran jalan menjadi pertimbangan utama. Jangan sampai niat berwisata menghilangkan stres karena aktivitas yang padat justru bertambah stres dikarenakan terjebak kemacetan berjam jam saat perjalanan ke tempat wisata.

Jauh jauh hari orang mulai merencanakan tempat liburan yang nyaman dan tentu saja terjangkau oleh kantong mereka. Waktunyapun sesuai dengan waktu libur yang diambil.

Nah supaya liburan kita bisa efektif, nyaman dan aman, ada baiknya kita merencanakan jauh jauh hari sebelumnya.

Yang menjadi pertimbangan dalam kita memutuskan tujuan wisata kita adalah yang utama berapa anggaran yang kita sediakan, kemudian berapa banyak waktu libur yang kita punya, dan yang tidak kalah penting adalah jumlah personil yang akan ikut liburan.

Apakah kita akan berlibur sendirian atau bersama keluarga atau teman. Ini penting untuk menentukan tujuan wisata.

Karena jika berlibur dengan keluarga terutama jika kita membawa anak anak penting untuk mempertimbangkan tujuan wisata yang nyaman dan sesuai dengan anak anak tapj juga bisa membuat orang dewasa ikut menikmati wisata tersebut.

Pontianak yang merupakan ibukota dari kalimantan barat adalah salah satu destinasi yang cocok untuk liburan. Baik itu liburan untuk keluarga ataupun liburan backpackeran.

Akses menuju Pontianak yang mudah dan tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk bermacet macet ria membuat orang mulai melirik Pontianak sebagai destinasi dalam liburannya.

Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi baik bersama keluarga, teman maupun sendirian.Jika anda berkunjung dengan membawa anak anak banyak tempat sejarah yang bisa menambah wawasan pendidikan seperti Tugu khatulistiwa, Keraton Kadriah, Museum Kesultannan Batulayang,Masjid Jami Pontianak, Rumah Bentang Radakng, Taman Alun Alun Kapuas, Aloe Vera Center, Pantai Pasir Panjang, Sinka Island Park, Museum Kalimantan Barat. Tempat tempat wisata tersebut adalah tempat wisata yang sangat populer sebagai tujuan wisata di pontianak.

Baca juga   Tips Mudik yang Harus Dipersiapkan

Berkembangnya potensi wisata Di Pontianak menyebabkan bisnis dibidang inipun ikut berkembang pesat. Banyak pelaku bisnis mulai melirik bisnis wisata berupa travel dan agen agen perjalanan yang menawarkan paket paket wisata yang memberikan pilihan banyak.

Memyesuaikan dengan anggaran dan kepentingan kita. Paket paket wisata ini sangat berguna membantu wisatawan dari luar daerah Pontianak yang belum begitu paham kondisi Kota Pontianak. Juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan.

Selain itu dengan memilih paket wisata kita bisa memperkirakan anggaran yang pasti berapa dana yang harus disediakan jika kita berwisata ke Pontianak.

Waktu liburan yang terbataspun bisa dimaksimal tanpa harus membuang waktu seperti terkena macet atau salah jalan karena tidak paham lokasi wisata yang kita kunjungi.

Paket paket wisata seperti apakah yang ditawarkan oleh para agen travel atau agen perjalanan wisata. Kita bisa mencari info lewat teman yang sudah mempunyai pengalaman ke Pontianak ataupun bisa browsing lewat internet.

berbagai informasi mengenai paket wisata yang ada di Pontianak sangat mudah di dapatkan. Baik informasi mengenai harga paket, berapa lama waktu liburan dan rute wisata yang akan diambil. Termasuk berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap paket wisata yang ditawarkan.

Berikut contoh beberapa agen travel atau biro perjalanan wisata yang bisa dijadikan standar untuk kita berwisata di Pontianak :

1. Unicatay Tour and Travel menawarkan paket wisata Pontianak Singkawang City Tour dengan kisaran harga Rp.3000.000.

Paket ini rinciannya adalah menginap satu malam di pontianak ( Hotel Gajah Mada, Hotel Avara dan Hotel Ochard dan 2 malam di Singkawang di hotel Dangau dan hotel Singkawang. Paket wisata yang ditawarkan sudah termasuk makan dan snack sesuai jadwal, tranportasi dengan kendaraan ber ac.

Paket ini tidak mengcover biaya tiket pesawat dan keperluan pribadi lain seperti laundry dan tips pelayan. Tujuan wisata yang dicover dalam paket ini adalah museum Pontianak, Rumah Betang, tugu khatulistiwa.

Mengunjungi aloevera center dan Pusat cinderamata Pontianak. Sedangkan di singkawang tempat yang dikunjungi adalah keliling kota singkawang mengunjungi beberapa Pekong tertua di Singkawang dan Tanjung Bajau.Paket ini termasuk di dalam melihat aktivitas Imlek di singkawang.

Baca juga   5 Restoran Seafood yang Pantas Diburu di Pontianak

2. Senopati Travel menawarkan paket wisata lebih murah disesuaikan dengan jumlah anggota yang ikut. Paket wisata ini cocok untuk wisata keluarga karena harganya yang terjangkau dengan fasilitas yang nyaman juga.

Untuk peserta dengan jumlah 2 sampai dengan 4 orang dibandrol dengan harga berkisar 1.600.000. Untuk 5 sampai dengan 8 orang, harga paket wisatanya sekitat 1.300.000 dan diatas itu bisa lebih murah lagi bisa dibawah satu juta.

Rute yang di tawarkan mengunjungi vihara tua di pontianak, masjid Jihad, Tugu khatulistiwa, Rumah Adat Melayu , Rumah Adat Dayak, Waterfront Pontianak, untuk Singkawang para wisatawan akan diajak mengunjungi vihara Pekong yang sudah sangat tua. Juga mengunjungi Tanjung Bajau. Paket wisata ini adalah paket wisata 3 hari dua malam. Tidak termasuk tiket pesawat dan keperluan pribadi.

Uraian di atas hanya sedikit contoh paket wisata yang ditawarkan saat kita ingin berkunjung ke Pontianak. Ada banyak travel agen yang meyediakan paket paket wisata diatas. Kita bisa memilih paket paket wisata itu disesuaikan dengan kebutuhan kita. Bila kita mempunyai anggaran terbatas pergi beramai ramai adalah pilihan yang tepat. Bahkan akan lebih terasa seru.

Untuk pilihan tempat wisata kita bisa juga membuat pilihan. Misalnya kita ingin menyusuri keindahan sungai Kapuas. Menikmati panorama Kota Pontianak pada saat malam hari dengan menaikin perahu perahu tradisional yang keamanannya dilengkapi dengan pelampung untuk masing masing penumpang. Atau kita ingin melakukan wisata kuliner.

Apa yang kita inginkan tinggal di komunikasikan dengan agen perjalanan dan nanti mereka akan menyesuaiakan dengan keinginan kita. Masalah harga akan menyesuaikan tapi tidak akan jauh jauh berbeda dikisaran 2 sampai 3 juta tiap orang bergantung jumlah peserta yang ikut serta.

Harga diatas bisa sewaktu waktu berubah jika ada kondisi tertentu yang bisa menyebabkan harga berubah. Harga juga akan berbeda jika kita mengambil liburan pada saat peak season. Semua paket wisata yang ditawarkan kebanyakan tidak termasuk tiket pesawat dan keperluan pribadi.

Ada baiknya kita persiapkan jauh jauh hari sebelumnya. Pontianak bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang menyenngkan. Jika ingin nyaman , aman , simpel dan tidak repot kita tinggal memilih paket paket wisata yang ditawarkan oleh agen terkenal di Pontianak.

Dan ada baiknya ini kita pesan jauh jauh hari karena liburan Hari Raya adalah merupakan salah satu puncak liburan di Indonesia. Jadi harus benar benar mempersiapkan jauh jauh hari sebelumnya. Nah belum terlambat ya para pecinta wisata untuk berburu paket wisata ke Pontianak. Selamat bertualang di kota khatulistiwa.

Penulis yang suka nulis