GENCILNEWS – Hai cillers, mumpung besok libur, bisa aja kan digunakan untuk membaca, gencilnews merekomendasi sebuah buku keren, tentang maestro lukis di indonesia, Raden Saleh. Buku setebal 375 halaman ini ditulis  oleh Warner Kraus.

Karya seorang seniman harus dilihat dalam konteks waktu dan lingkungan intelektualnya. Buku ini mencoba untuk menggambarkan kehidupan Raden Saleh dengan latar belakang historis jamannya.

Dunia Jawa dari mana ia datang digambarkan, seperti juga berbagai keadaan Eropa di mana ia menemukan dirinya antara 1829 dan 1850 dan realitas sosial dan budaya dari negara kolonial yang bahkan lebih kuat di mana Raden Saleh harus mengintegrasikan dirinya setelah kembali dari Eropa .

Baca juga   Pesan Tertua Dalam Botol Ditemukan di Pantai Australia

Buku ini tidak dimaksudkan untuk menjadi buku teks tertutup rapat tetapi ingin menceritakan kisah kehidupannya dan karya-karyanya dalam koleksi esai informal.

Ilustrasi dan gambar dipilih dengan cara yang sama tidak ada upaya yang dilakukan untuk menyajikan daftar lengkap karya Saleh, atau untuk mencapai bentuk kelengkapan lainnya.

Pada akhirnya, bagaimanapun, ini adalah abook yang memanggil pekerjaan dan kehidupan Raden Saleh tidak seperti publikasi lain sebelumnya.