Festival Saprahan Pontianak, Salah Satu Rangkaian Acara Hari Jadi Kota Pontianak

Gencil News – Dalam rangka hari jadi kota Pontianak yang ke 247, Pemerintah kota Pontianak mengadakan festival Saprahan yang bertempat di Pontianak Convention Center (17/10).

Saprahan merupakan adat istiadat budaya Melayu. Berasal dari kata “Saprah” yang artinya berhampar, yakni budaya makan bersama dengan cara duduk lesehan atau bersila di atas lantai secara berkelompok yang terdiri dari enam orang dalam satu kelompoknya.

Dalam festival ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti  Perlombaan Saprah yang di ikuti seluruh kelurahan yang  di kota Pontianak. Acara ini  merupakan salah satu rangkaian acara yang di adakan Pemerintah kota Pontianak dalam hari jadi kota Pontianak.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dalam memberikan kata sambutan di Festival Pontianak 2018

Acara ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat  Sutarmidji , dan dalam kesempatan ini, Sutarmidji juga menyerahkan 5 Sertifikat warisan budaya tak benda dari mentri pendidikan dan kebudayan, 5 sertifikat itu terdiri dari warisan budaya , Sayo’ keladi Pontianak, Pacri nanas,  Tenun corak insan Pontianak , Arakan pengantin kota Pontianak, dan yang terakhir adalah Saprahan melayu kota Pontianak.

Baca juga   Jack Ma 2019 Pensiun dari Alibaba
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Kepada Wali Kota Pontianak Edy Kamtono

Dalam sambutanya Sutarmidji berharap masyarakat Pontianak dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Pontianak dan bisa mengembangkan kebudayaan ini dengan disertai Inovasi  – Inovasi  yang tidak mengurangi nilai kebudayaan tersebut

“Hari ini kota Pontianak mendapatkan Sertifikat Warisan Budaya tak benda dari menteri  pendidikan dan kebudayaan, saya harap masyarakat bisa melestarikan, menjaga dan berinovasi terhadap kebudayaan tersebut, berinovasi seperti mengemas Pacri Nanas agar dapat bertahan lama dan bisa meningkatkan omset penjualan makanan Pacri Nanas kedepannya” ujarnya.

Sutarmidji juga menyampaikan selamat atas terlaksananya Festival Saprahan ini, dan mengucapkan selamat kepada Kota Pontianak Yang berulang tahun ke 247.

“Selamat atas terlaksananya Festival Saprahan ini, dan selamat juga ulang tahun Kota Pontianak 247 tetap maju, tetap jaya dan tetap menjadi yang terbaik, terdepan untuk Indonesia” ujarnya.

Baca juga   Pengen Tau Tempat Nongkrong Apa Yang Paling Nge-Hits di Pontianak? Pake Gencil Dong

Acara ini pun semakin meriah, bertepatan dengan ulang tahun Plt Wali kota Pontianak, Edy Rusdi Kamtono,  sebelum perlombaan dimulai acara pemotongan tumpeng pun digelar untuk  merayakan ulang tahun  Edy Rusdi Kamtono.

Festival Saprahan ini hanya salah satu acara yang di adakan pemkot dalam rangka hari jadi Pontianak nantinya masih ada banyak lagi perlombaan dan festival yang di gelar Pemkot Pontianak seperti festival kuliner, pagelaran seni, dan  aneka perlombaan lainnya.

Panitia Festival Saprahan juga mengumumkan Juara lomba Saprah dan perlombaan ini berhasil di menangkan oleh peserta dari kelurahan benua melayu laut dan mendapatkan hadiah uang sebesar 4 Juta Rupiah, dan juara keduanya di raih kelurahan Darat Sekip, juara ketiga diraih kelurahan Saigon yang masing-masing mendapatkan uang 3 Juta Rupiah. (koko)

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Suka Musik, Suka Film dan Suka Menulis