SDGs Mengajak Pemuda Berperan Aktif Dalam Pembangunan Daerah

Tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable Development Goals (TPB/SDGs)  Adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong  pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Dengan mengusung tema “Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan”,

SDGs yang berisi 17 Tujuan dan 169 Target merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan (berlaku sejak 2016 hingga 2030), guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDGs.

17 Tujuan yang menjadi bidang utama SDGs adalah kemiskinan, kelaparan, kehidupan sehat dan sejahterah,Pendidikan, kesetaraan gender, air bersih, Energi Bersih dan terjangkau, pekerjaan layak, Industri Inovasi, Berkurangnya Kesenjangan, kota dan pemukiman, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penangan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, Perdamaian keadilanm dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Itu tujuan-tujuan utama SDGs yang sangat di perhatikan pengembangan pembangunannya.

Dan untuk mengkampanyekan kegiatan ini, SDGs bersama kominfo, Bappenas dan Kantor Staff Presiden menggelar acara yang bertemakan “United We Fight, United We Win. Peran Anak Muda Dalam Agenda 2030” , Di Warunk Upnormal, Pontianak 30/10.

Baca juga   Pontianak Berjepin, Dikbud Kota Pontianak Buat Sesuatu Yang Beda

Kalimantan Barat di Pilih untuk menjadi tempat di gelarnya acara ini karna Kalimantan baat adalah salah satu provinsi yang sangat berkomitmen dan maju dalam penyusunan RAD SDGs. Atas pertimbangan berbagai prestasi tersebut, kementrian komunikasi dan informatika, kantor staf Presiden dan kementerian perencanaan pembangunan Nasional/Bappenas menggelar kegiatan dialog untuk jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan barat bersama dengan pemangku kepentingan lain berjumlah 150 Peserta baik dari Orginisasi masyarakat sipil dan Pemerintah

Di selenggarakan kegiatan ini sendiri untuk mempertemukan para pemangku kepentingan, untuk saran tukar pikiran, pembelajaran dan inpirasi untuk mendorong kerjasama satu sama lain sesuai peran untuk mencapai SDGs sekaligus mensukseskan pembangunan daerah.

di acara ini juga ada kegiatan diskusi generasi milenial, dimana para anak muda yan telah menjadi penggerak SDGs berbagi cerita tentang apa yang mereka lakukan untuk menginpirasi para milenial lain. Dan dalam sesi ini di isi oleh para inspirator yaitu mereka yang menjadi para pemantik dan penabur gagasan. Antara lain Inspirator itu adalah Reza Rahardian aktor ternama sekaligus Brand Ambassador SDGs, perwakilan Pontianak Digital Stream, Hermawan, Serta perwakilan 2030 Youthforce Indonesia yang merupakan Komunitas pelaku aktif SDGs, Suci Cisika Putrid an Raihan Deandra Roso.

Baca juga   Sabran Achyar : Kembangkan Potensi Diri Dengan Cara Berorganisasi

Dan para pembicara pun bercerita tentang program-program yang telah sukses membantu pembangunan daerah, salah satunya adalah Reza Rahardian yang telah sukses bekerjasama dengan SDGs dalam membuat program penyediaan air bersih di Sumba  yang bermanfaat untuk masyrakat sumba yang selama ini kesulitan untuk mendapat akses air bersih.

Selain Reza Rahardian, juga ada Hermawan yaitu perwakilan Pontianak Digital Stream yang membantu pemerintah menciptakan aplikasi Gencil untuk mempermudah masyarakat untuk berhubungan dan mengadu permasalahan langsung ke Pemerintah.

SDGs pun berharap Inspirasi acara ini dapat di tularkan ke daerah lain agar mendorong percepatan pelaksanaan yang inklusif di seluruh Indonesia. dan berharap Pemuda khususnya yang berada di Kalimantan barat dapat berperan aktif dalam pembangun daerah sehingga rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan atau di tahun 2030 berjalan dengan sukses.

Penulis : Suka Musik, Suka Film dan Suka Menulis