GENCILNEWS – Sebuah jaringan supermarket besar di Australia dikecam para pecinta lingkungan karena membatalkan keputusan yang seharusnya menghentikan penyediaan kantong plastik kepada para pelanggannya.

Coles telah membagikan secara gratis tas-tas yang bisa digunakan ulang kepada para pelanggannya sejak 1 Juli ketika larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai mulai diberlakukan. Langkah itu dilakukanmenyusul saingannya, Woolworths,yangmelakukan hal serupa lebih dulu pada 20 Juni 2018.

Namun mulai 1 Agustus, Coles menghentikan usahanya ini dan meminta para pelanggannya untuk membayar 15 sen dolar Australia per kantong plastik yang mereka butuhkan.

Coles menyatakan, melalui sebuah pernyataan, ketika larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai mulai diberlakukan, sejumlah pelanggaan memerlukan lebih banyak waktu untuk beralih ke tas-tas yang bisa digunakan ulang.

Baca juga   Australia Terapkan Tes Bahasa Inggris yang Lebih Sulit

Grenpeace menggambarkan keputusan Coles tidak bertanggung jawab dan mengecewakan.

Penghentian penggunaan kantong plastik sekali pakai dilakukan sebagai usaha nasional untuk mengurangi sampah plastik.Mulai1 Juli 2018, perusahaan ritel besar di empat dari enam negara bagian Australia akan didenda jika mereka menyediakankantongplastik sekali pakai. [ab/uh]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.