Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Mata Tetap Sehat

Salah satu organ yang penting pada tubuh manusia adalah mata, sehingga kesehatannya harus senantiasa dijaga. Ada banyak kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kesehatan mata terganggu.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Mata Tetap Sehat
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Mata Tetap Sehat

Dengan begitu, penglihatan Anda bisa menurun. Penyakit mata seperti rabun dekat dan rabun jauh bisa menyerang Anda kapan saja.

Untuk itu, hindari 5 kebiasaan ini agar kesehatan mata tetap terjaga:

  1. Membaca di Ruangan yang Minim Cahaya

Aktivitas kerja akan terasa nyaman jika dilakukan di dalam rumah. Tanpa sadar, Anda biasa membuka laptop di kamar atau ruangan yang minim cahaya. Padahal, pencahayaan yang minim bisa mengakibatkan mata menjadi tegang, sehingga menyebabkan kekeringan pada mata yang berujung pada iritasi.

Nah, jika Anda ingin mata tetap sehat, perhatikan pencahayaan ruangan yang Anda gunakan untuk membaca. Baik melalui gadget, laptop, ataupun buku.

  1. Mengucek Mata
Baca juga   Pria 3 Wajah Di Perancis, Hasil Transplantasi Wajah

Jika mata sudah merasa lelah, seringkali timbul rasa gatal. Hal ini membuat Anda refleks menguceknya. Padahal, hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi. Bakteri dari tangan akan pindah ke mata. Tak hanya itu, mengucek mata juga akan berisiko membuat kornea menjadi robek. Sehingga komponen mata lainnya juga ikut rapuh.

  1. Menatap Layar Ponsel Terlalu Lama

Berbagai aplikasi menarik, games hingga medsos memang sukses membuat Anda menatap ponsel dalam waktu yang lama. Namun, berada di depan layar ponsel terlalu lama dapat menimbulkan dampak yang buruk. Mulai dari penglihatan yang buram, kering, bahkan rasa mual.

  1. Ketergantungan Pada Obat Tetes Mata

Masalah mata merah biasa disepelekan oleh banyak orang. solusi yang dilakukan biasanya dengan meneteskan obat mata. Tapi, jika kerap digunakan, akan menyebabkan kerusakan serius pada mata. Menurut ahli kesehatan mata, penggunaan berlebihan tetes mata justru dapat menimbulkan kemerahan.

  1. Aplikasi Make Up yang Salah
Baca juga   RSUD Pontianak Perlu Listrik Jalur Khusus

Menggunakan make up seperti maskara, eyeshadow, eyeliner, dan krim mata ternyata dapat menghambat produksi minyak untuk kelopak mata. Hal ini bisa menimbulkan infeksi. Untuk itu, perhatikan aplikasi make up agar tidak terlalu dekat dengan pangkal bulu mata.

Sebaiknya 5 hal di atas tidak lagi Anda lakukan. Atau, paling tidak dikurangi intensitasnya agar kesehatan mata tetap terjaga. Sebab, mata adalah aset tubuh yang sangat berharga, bukan?(gns)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.