Gencil News  – Pontianak dikenal dengan kota yang banyak memiliki Musim buahnya, salah satunya adalah Buah Durian. musim buah Durian ini termasuk musim buah yang paling di tunggu oleh masyrakat kota Pontianak.

Nah,  memasuki Pertengahan Bulan Juli, musim Buah Durian di Pontianak  sudah mulai keliatan nih , hampir di setiap pinggiran jalan di Pontianak ada penjual buah Durian yang menawarkan durian-durian ciri khas mereka.

Musim durian di Pontianak menjadi wisata kuliner yang sangat di minati oleh masyrakat, dimana biasa masyarakat menikmati Durian dengan makan bersama-sama keluarga maupun teman-teman dekat.

Kami mau ngasih tau bagi kamu yang masih ragu-ragu mengonsumsi durian, bahwa selain terkenal dengan kulitnya yang berduri dan baunya yang menyengat, Durian ternyata memilik banyak manfaat terhadap kesehatan, berikut adalah manfaatnya :

  1. Menjaga kesahatan tulang

Durian ternyata mengandung magnesium, Potasium, mangan dan tembaga yang berperan penting dalam pertumbuhan tubuh dan tulang agar menjadi lebih sehat.

Potasium juga mampu meningkatkan efektivitas penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.

Baca juga   4 Target Kesehatan ini Harus Tercapai di 2019

Dan itu berarti  dengan tulang yang kuat mencegah risiko osteoporosis.

  1. Mencegah anemia

Buah Durian juga cukup bermanfaat untuk penderita penyakit anemia atau penyakit yang bermasalah dengan sel-sel darah merah. Itu dikarenakan durian mengandung asam float, zat besi dan tembaga, yang sangan penting untuk produksi sel-sel darah merah. Dan baik untuk para penderita Anemia

  1. Bisa mencegah kanker

Buah durian juga mengandung banyak vitamin, antara lain Vitamin C, Vitamin B Kompleks, E dan fitonutrien yang bersifat antioksidan.

Dan antioksidan ini adalah senyawa yang bisa mengatasi dan memerangi radikal bebas, dimana radikal bebas itu adalah perusak DNA sel sehat dan menyebabkan munculnya sel kanker.

  1. Melancarkan pencernaan

Buah durian terkenal sebagai buah durian yang memiliki daging buah yang banyak  dan juga kaya dengan serat yang bermanfaat untuk kerja system seluruh tubuh.

Serat dapat meningkatkan gerakan usus, yang membuat sisa makanan lebih mudah bergerak melalusi saluran usus.

Serat memang banyak memiliki maanfaat untuk tubuh khususnya di usus, antara lain, menurunkan frekuensi diare, dan membantk mengurangi kadar kolesterol buruk di dalam darah.

  1. Membuat tidur lebih cepat
Baca juga   Cacing Parasit Dapat Membantu Mulai Dari Obesitas Hingga Asma

Dan yang terakhir durian bisa memberikan rasa kantuk dan memberikan rasa rileks, setelah di penjelasan sebelumnya, bisa kita lihat banyak zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, tapi  ternyata masih adalagi kandungan dalam Buah Durian yaitu Tryptophan, yaitu senyawa yang bisa menimbulkan rasa kantuk, karna tryptophan yang masuk ke otak akan di ubah menjadi serotonin dan serotonin bisa mendorong produksi metmlatonun.

Hormone melatonin adalah hormon yang menimbulkan perasaan rileks dan mengantuk. Cocok nih buat yang kesulitan tidur atau insomnia

 

Ternyata di balik kulitnya yang berduri dan bau yang menyengat ternyata durian memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dari pencernaan, mencegah kanker, mencegah penyakit anemia dan  bermanfaat untuk tulang.

Dan tunggu apalagi, mumpung lagi musimnya, buruan nikmati makan buah durian, jangan lupa ajak teman dan keluarga. (Tbm)