Capaian Target Vaksin MR Baru 11 Persen

 

GENCILNEWS – Capaian imunisasi Measles Rubella (MR) di Kalimantan Barat dalam sepekan usai pencanangan mencapai 11 persen dari yang ditargetkan sebanyak 1,36 juta.

“Kampanye MR terus dilakukan guna mengejar target capaian yakni 95 persen dari target sebanyak 1,36 juta jiwa baru 11 persen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Andy Jap disela-sela Editor Meeting dan Workshop Jurnalis Kampanye Imunisasi MR di Kalimantan Barat, Rabu (8/8/2018).

Meski telah berjalan dibeberapa kawasan di 14 Kabupaten/Kota, diakui Andy Jap bahwa pelaksanaan imunisasi dilakukan penjadwalan ulang dikarenakan belum adanya pihak yang memberikan kejelasan sertifikasi halal pada vaksin yang digunakan untuk imunisasi MR dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia.

“Teman-teman di kabupaten/kota ada yang menjadwal ulang bagi yang mempermasalahkan dari sisi agama. Ini

sesuai dengan himbauan dari MUI dan berharap dalam seminggu ini bisa segera tuntas,” tuturnya.

Meski demikian ia menegaskan pengaturan ulang jadwal  itu tidak mengganggu jika ada yang ingin tetap melakukan imunisasi.

“Jadi bukan berarti hak masyarakat untuk mendapatkan kesehatan dihilangkan. Masih ada waktu karena pelaksanaannya hingga September,” urainya. (dpw)