Indonesia Pimpin Perjuangan Global Melawan Zoonosis

Perjuangan Global Melawan  Zoonosis
Indonesia Pimpin Perjuangan Global Melawan Zoonosis

Dengan munculnya banyak penyakit di tengah perubahan iklim di seluruh dunia, Indonesia telah mengambil inisiatif untuk memimpin negara-negara lain dalam mencegah zoonosis pandemi melalui skema paket tindakan penyakit zoonosis (ZDAP).

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Pertemuan Tingkat Menteri Kesehatan Global (GHSA) kelima di Nusa Dua, Bali, pada hari Selasa, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan bahwa Indonesia telah membangun kesadaran bersama bersama dengan anggota GHSA lainnya untuk mencegah ancaman kesehatan global selama lima tahun terakhir.

Dalam kerangka sebelumnya, anggota GHSA bekerja sama untuk mengadvokasi negara lain untuk menerapkan Peraturan Kesehatan Internasional (IHR). Menurut Nila, kerangka sebelumnya terbukti sukses.

“Kami berhasil meningkatkan kesadaran negara-negara lain tentang pentingnya IHR. Selain itu, kami juga mendapatkan banyak anggota baru selama periode kerangka terakhir, ”kata Nila, menambahkan bahwa jumlah anggota GHSA telah meningkat dari 29 negara pada tahun 2014 menjadi 65 pada tahun 2018.

Baca juga   Pria Jepang Usia 112 Tahun Dinyatakan “Pria Tertua di Dunia”

GHSA kelima akan mengevaluasi kerangka kerja sebelumnya dan meluncurkan kerangka kerja 2024 GHSA. Dalam kerangka terbaru, Indonesia akan menjadi anggota permanen dari kelompok pengarah GHSA, dan pemimpin ZDAP bersama dengan Senegal dan Vietnam.

GHSA dihadiri oleh lebih dari 600 peserta, yang terdiri dari pejabat tingkat tinggi dan anggota organisasi internasional dari 43 negara yang berbeda. Pertemuan tingkat menteri akan dilakukan di Bali Nusa Dua Convention Center dari 6 hingga 8 November.

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.