Laporan PBB: Hak Reproduksi Mempengaruhi Ukuran Keluarga

 

Laporan PBB mengatakan orang-orang di negara maju cenderung memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah karena akses yang lebih besar ke layanan keluarga berencana, kontrasepsi modern dan pendidikan seks sesuai usia.

Laporan PBB: Hak Reproduksi Mempengaruhi Ukuran Keluarga
orang-orang di negara maju cenderung memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah

Direktur kantor Dana Kependudukan AS di Jenewa, Monica Ferro, mengatakan di tempat-tempat di mana hak-hak reproduksi terkendala, baik karena kurangnya sumber daya atau mandat pemerintah, orang memiliki kemampuan terbatas untuk memilih ukuran keluarga mereka.

“Banyak negara Afrika sub-Sahara, misalnya, memiliki tingkat kelahiran empat atau lebih kelahiran per wanita,” kata Ferro.

“Di lain tempat seperti negara Asia Timur dan Eropa dengan kurang dari dua kelahiran per wanita. Dalam kedua kasus, individu menghadapi hambatan untuk realisasi penuh hak reproduksi mereka.”

Baca juga   Laporan PBB: 200 Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak

Populasi dunia diperkirakan akan meningkat 2,5 miliar pada 2050, menjadi hampir 10 miliar orang, dengan Afrika sub-Sahara diperkirakan menyumbang lebih dari separuh pertumbuhan itu.

Perempuan di Afrika harus mengatasi banyak hambatan hukum dan sosial untuk mencapai kontrol kesuburan mereka, kata Ferro.

“Perempuan mungkin tidak memiliki akses ke layanan medis,” kata Ferro “Mereka mungkin tidak memiliki akses ke penitipan anak. Mereka mungkin tidak memiliki akses ke semua dukungan institusional dan sosial yang datang dengan siap atau mampu merencanakan kesuburan Anda.”

Untuk membuat kebebasan memilih menjadi kenyataan, laporan itu mendesak negara-negara untuk menawarkan akses universal ke perawatan kesehatan reproduksi berkualitas, termasuk kontrasepsi modern dan pendidikan yang lebih baik.

Baca juga   DJ Terkenal Singapura Persoalkan UU Anti Gay

Ini juga mengadvokasi untuk perubahan dalam sikap laki-laki terhadap hak perempuan untuk memilih jumlah, waktu dan jarak anak-anak.(gnr)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.