Gencil News – Istirahat atau tidur sangat di perlukan bagi manusia, karna tidur dan istirahat adalah kebutuhan dasar manusia, akan tetapi masih banyak orang yang sulit tidur, atau mengalami Insomnia.

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Yang biasanya disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan perilaku yang tidak sehat.

Disini kami akan memberikan tips, untuk mangatasi Insomnia, agar teman-teman bisa istirahat dengan teratur, berikut tipsnya :

1.Disiplin dalam mengatur pola tidur.

Mengatur pola tidur sangat penting untuk mengatasi Insomnia, karna apabila kita mengubah-ubah pola tidur, juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh, serta siklus tidur dan bangun. Dan untuk membantu memperbaiki pola tidur kamu, membiasakanlah diri tidur ketika kamu merasa lelah, dan jangan terlalu lama tidur siang.

Baca juga   Alasan Berwisata Ke Pantai Menjadi Pilihan Liburan Anda

2.Bikin suasana kamar kamu menjadi nyaman.

Kamar adalah tempat kita istirahat, buatlah kamarmu senyaman mungkin agar tidurmu menjadi nyenyak, salah satu caranya seperti mengatur suhu diruangan, mendekor kamar dan membuat suasana kamar menjadi tenang.

3.Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin, tidak perlu yang berat-berat, cukup yang ringan-ringan saja, seperti jogging .dengan olahraga yang konsisten dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur kamu.

4.Berhenti mengonsumsi makanan dan minuman yang buruk

Makanan dan minuman berpengaruh terhadap pola tidur kamu, Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Karena menurut suatu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 mg kafein enam jam sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Baca juga   Tips Mudik yang Harus Dipersiapkan

Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tapi tidak bisa sampai membuat kamu terlelap.

Itulah tips-tips untuk mengatasi Insomnis, semoga dengan tips ini kamu bisa tidur lebih nyenyak dan  teratur.