Virus Zika Merebak Pesat di India Utara

Virus Zika merebak di Rajasthan, lebih dari 100 kasus terjadi di negara bagian di India utara, tempat di mana beberapa istana dan benteng-benteng menarik sejumlah besar wisatawan setiap tahun.

"<yoastmark

Virus Zika adalah infeksi virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegpti – jenis nyamuk yang juga menularkan demam berdarah dan chikungunya.

Nyamuk Aedes Aegpti menyebarkan virus Zika dengan cara mengisap virus dari orang yang terinfeksi, kemudian menularkannya ke orang yang sehat.

Dalam kebanyakan kasus, orang yang tertular penyakit Zika dapat pulih secara total dan gejala membaik dengan sendirinya. Seseorang yang terinfeksi virus ini umumnya akan kembali pulih dalam waktu 7 sampai 12 hari.

Baca juga   Wabah Flu Terus Memburuk di Amerika

Laporan WHO menyatakan kasus pertama yang terjadi di India pada Januari 2017 berasal dari Ahmedabad, negara bagian Gujarat, India barat.

Kantor beritaPress Trust of India menyatakan delapan kasus baru dilaporkan, Sabtu (19/10) dari ibu kota negara bagian Jaipur.

Badan tersebut mengemukakan kasus-kasus baru berjangkit di tengah penyelidikan Departemen Kesehatan negara bagian itu untuk melacak wabah Zika pada perempuan hamil pada usia tiga bulan pertama.

Penderita Zika mengalami gejala-gejalaberupa demam, ruam dan nyeri sendi. Dalam beberapa kasus penyakit itu telah dikaitkan dengan cacat sejak lahir.

WHO mengemukakan wabah Zika telah dilaporkan melanda di 86 negara. [mg/lt]