oleh-oleh khas pontianak yang sehat dan super lezat – Ketika bepergian ada satu hal wajib yang pastinya tidak boleh ketinggalan, membeli oleh-oleh. Baik keluarga maupun teman-teman, ketika mereka tahu anda akan pergi berkunjung atau berlibur ke suatu tempat pasti semua sepakat untuk meminta oleh-oleh. Bahkan jika tidak diminta secara langsung pasti anda juga dengan sendirinya menyiapkan oleh-oleh. Supaya tidak bingung apalagi salah membeli sebaiknya anda mencaritahu terlebih dahulu makanan atau produk khas dari kota yang anda kunjungi. Tidak hanya mengetahui kira-kira apa yang akan dibeli, lebih baik lagi jika anda juga memahami manfaat dari produk yang dibeli, seperti manfaat untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya. Jadi bukan hanya sekadar oleh-oleh biasa namun, sekaligus baik untuk kesehatan ketika dikonsumsi. Kalau tujuan anda adalah kota Khatulistiwa, silahkan membaca ulasan mengenai oleh-oleh khas Pontianak beserta manfaatnya berikut ini.
Produk Olahan Lidah Buaya
Pontianak merupakan salah satu kota penghasil lidah buaya di Indonesia, bahkan terbesar di dunia. Sembilan puluh persen lidah buaya yang dihasilkan Kalimantan berasal dari Pontianak. Bukan hanya diolah menjadi aneka produk kesehatan dan kecantikan, di Pontianak lidah buaya disulap menjadi makanan khas dengan rasa lezat. Lidah buaya di Pontianak terkenal memiliki rasa yang enak. Lidah buaya tumbuh subur di Pontianak karena lahannya yang cocok, yaitu lahan gambut. Selain lezat, makanan dengan bahan dasar lidah buaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Lidah buaya mengandung berbagai macam enzin, asam amino, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, niasinamida, asam folat, dan kalium. Banyak sekali ya kandungan gizinya? Bagaimana, penasaran ingin segera mencoba? Tidak heran, jika aneka makanan dengan bahan dasar lidah buaya berjajar di toko oleh-oleh Pontianak. Ada apa saja sih?

dodo lidah buaya khas pontianak
Dodol lidah buaya (foto bukalapak)

1. Dodol Lidah Buaya
Dodol Lidah Buaya yang bertekstur lembut dan manis, cocok untuk anda yang menyukai rasa manis. Dodol terbuat dari daging lidah buaya, santan kelapa, tepung beras, gula pasir, gula merah dan garam. Harga dodol ini sangat bervariasi tergantung merk dan ukuran kemasan. Harganya mulai dari 15.000 rupiah untuk kemasan kecil. Salah satu yang terkenal adalah Isun Vera.
2. Minuman Lidah Buaya
Minuman lidah buaya Pontianak termasuk salah satu produk unggulan Indonesia. Minuman lidah buaya ini dapat dikonsumsi langsung atau dikonsumsi dalam keadaan dingin. Minuman ini juga bisa dicampur dengan berbagai macam sirup, gula dan susu. Sangat menyegarkan meminum minuman ini ketika anda berada di kota Pontianak yang panas. Merk yang terkenal biasanya adalah Saviera, 3, dan Triple Lidah Buaya. Harga minuman lidah buaya mulai dari 17.000.
3. Kerupuk dan Permen Lidah Buaya
Jika biasanya kita membeli oleh-oleh kerupuk ikan, di Pontianak ada kerupuk lidah buaya. Harga kerupuk lidah buaya mulai dari 20.000. Selain kerupuk Isun Vera juga memproduksi permen lidah buaya. Cocok untuk oleh-oleh keponakan kecil yang suka manis-manis.
4. Teh Lidah Buaya
Kalau biasanya kita membeli the dengan bahan dasar daun atau bunga, kali ini Pontianak menghadirkan the lidah buaya. Bayangkan lidah buaya dengan daging tebal dan berlendir diolah menjadi teh, seperti apa yan bentuk dan rasanya? Tapi jangan salah, ternyata yang diolah menjadi teh bukan dagingnya melainkan kulit lidah buaya yang berwarna hijau. Boleh dibeli dan dicicipi kalau anda pergi ke Pontianak, harganya mulai dari 25.000 per kotak.

Baca juga   Pengkang, Kuliner Khas Mempawah yang Unik

Kopi Pontianak
Ketika tiba di kota Khatulistiwa ini anda akan disuguhi pemandangan warung kopi yang menjamur di mana-mana. Salah satu kebiasaan masyarakat Pontianak adalah menghabiskan waktu luang di warung kopi. Bukan hanya malam hari, warung kopi di Pontianak tersedia selama 24 jam. Kopi menjadi salah satu pilihan oleh-oleh untuk keluarga atau teman yang suka minum kopi. Kopi yang terkenal di Pontianak adalah kopi Asiang dan kopi Aming. Harga satu bungkus 500 gram mulai dari 40.000 rupiah. Selain itu juga ada kopi Sepok, kopi ini dibuat dari kopi lokal pontianak yang sering disebut dengan kopi Kampong yang terkenal memiliki cita rasa yang khas dan enak. Berbeda dengan kopi Asiang dan Aming dengan kemasan masih sederhana, kopi Sepok memiliki kemasan yang sudah modern dan eksklusif dengan harga mulai dari 13.000 per kotak.

Kopi memiliki banyak manfaat jika diminum dengan porsi yang sesuai, jangan setiap hari hanya minum kopi tanpa minum air putih. Kalau kopi menjadi minuman utama pasti berakibat buruk bagi kesehatan. Beberapa manfaat kopi antara lain dapat mencegah depresi, meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan resiko kanker, dan mengandung antioksidan. Tidak perlu ragu minum kopi asalkan tidak dalam keadaan perut kosong terutama bagi penderita maag.

Produk Olahan Durian
Buah durian disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Kalau anda pecinta durian dan ingin menikmati sensasi lain dari buah durian, sangat disarankan untuk membeli aneka produk olahan berbahan baku durian di Pontianak. Kelebihan durian bukan hanya pada cita rasa namun, juga pada kandungan gizinya. Durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan serat. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin, magnesium, fosfor, dan kalium. Durian bagus untuk tulang dan persendian, mengatur kestabilan darah, dan mengatasi depresi. Tidak kalah sehat dengan lidah buaya. Lalu apa saja makanan khas Pontianak dengan rasa durian?
1. Lempok Durian
Merupakan salah satu makanan tradisional Pontianak yang masih eksis hingga kini. Lempok durian berbeda dengan dodol durian, perbedaannya terletak pada bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan. Dodol durian dibuat dari bahan utama tepung beras, durian hanya dijadikan sebagai pelengkap rasa dan aroma. Sedangkan dalam pembuatan Lempok, durian dibuat dari 100% buah durian yang dicampur dengan gula dan sedikit garam. Lempok durian memiliki rasa manis dan legit. Harga lempok durian sekitar 100.000 per Kg.
2. Gula Durian Khas Pontianak
Makanan wajib coba bagi pecinta durian. Produk ini merupakan olahan durian dalam bentuk selai yang dikemas dalam sebuah kemasan botol. Bisa dimakan bersama dengan roti, kue, singkong, atau pisang goreng Pontianak. Harganya mulai 60.000 per 350 gram.

Baca juga   Uniknya Mi Sagu, Kuliner Khas Pontianak
kuliner pontianak
Brownies durian pontianak (foto tokopedia)

3. Brownies Durian Pontianak
Kalau makanan yang satu ini pasti banyak penggemarnya. Brownies rasa durian yang lembut sangat memanjakan lidah anda. Perpaduan rasa coklat khas brownies dengan rasa durian yang lezat menjadi oleh-oleh yang membangkitkan selera. Harga satu kotak brownies durian sekitar 45.000.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih sangat banyak makanan khas Pontianak yang dapat anda nikmati dan dijadikan oleh-oleh. Kota Pontianak menghasilkan banyak sekali produk-produk olahan khas dan tradisional yang tidak akan akan cukup ditulis dalam satu artikel. Berbagai macam oleh-oleh khas Pontianak dapat anda beli di toko oleh-oleh yang ada di Pasar PSP, terletak di Jl Pattimura, tepat di tengah Kota Pontianak. Anda juga bisa berkunjung ke Alfa Lim Jl. Gajahmada No.94, Jutoli Jl. Gajahmada No.93, Sun Vera Lidah Buaya Jl.Budi Utomo Komp.Bumi Indah Khatulistiwa Siantan Hulu dan toko-toko di Jl. Sisingamangaraja. Selamat berburu oleh-oleh dan menikmati keindahan kota Pontianak.

Penulis yang suka nulis