GENCIL NEWS – Rumah merupakan salah satu tempat untuk berlindung. Banyak orang yang akan melakukan banyak cara agar rumahnya menjadi lebih indah, nyaman, dan juga asri.

Sebelum membangun sebuah rumah tentu saja Anda akan membutuhkan banyaknya komponen-komponen penting seperti kayu, besi, batu bata, semen, paku, dan lain sebagainya.

Untuk membuat rumah Anda menjadi semakin indah tentu saja dibutuhkan adanya cat yang akan membuat rumah Anda menjadi lebih berwarna.

Ada banyak jenis cat yang biasanya digunakan untuk mengecat rumah, salah satunya yaitu cat tembok, cat besi, cat genteng, ataupun cat kayu. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memilih cat kayu yang bagus.

Harga cat kayu dan beberapa cat-cat yang lainnya tentu saja berbeda-beda tergantung dengan merk yang akan digunakan. Ada banyak merk cat kayu dan berbagai penjelasannya yang bisa Anda gunakan untuk mengecat kayu rumah Anda.

Kayu adalah salah satu komponen yang ada dalam pembuatan rumah, kayu ini digunakan untuk berbagai tahapan pembuatan rumah seperti membuat pintu, jendela, ventilasi, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya menjadi komponen utama ketika Anda akan membuat sebuah rumah dengan banyak kayu-kayu di dalamnya.

Jika Anda akan membuat rumah dengan konsep kayu-kayu, maka untuk membuat warnanya menjadi lebih indah tentu saja dibutuhkan adanya cat kayu.

Cat kayu ini selain memiliki fungsi tentunya untuk membuat kayu-kayu yang ada di rumah Anda menjadi lebih baik, bahkan cat kayu ini juga berfungsi untuk melapisi beberapa furniture-furnitur Anda di rumah agar terlihat lebih cantik dan indah tentunya. Sebelum memutuskan untuk membeli cat kayu untuk melapisi beberapa furniture atau perabotan yang ada di rumah Anda, Anda sebaiknya mengetahui beberapa jenis cat kayu yang biasa dijual di pasaran. Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Cat Kayu

Berikut ini merupakan beberapa contoh cat kayu yang biasanya digunakan untuk melapisi beberapa barang yang ada di rumah Anda dari cat kayu untuk melapisi kayu pinti, kayu furniture, dan lainnya. Berikut ini merupakan beberapa penjelasannya :

  1. Politur.
    Cat kayu ini merupakan jenis cat yang biasanya banyak digunakan untuk berbagai perabotan seperti interior maupun eksterior. Cat kayu ini juga sangat tahan dengan sinar matahari sehingga tidak akan membuat cat kayu yang akan digunakan rusak.
  2. Akrilik.
    Cat kayu ini merupakan jenis cat kayu yang digunakan pada kayu agar warnanya terlihat lebih cerah. Cat ini juga memiliki banyak keunggulam karena sangat tahan dengan berbaga noda dan kotoran-kotoran lainnya.
  3. Melamik.
    Cat kayu ini merupakan jenis cat kayu yang biasanya digunakan pada kayu-kayu jenis furniture. Cat kayu ini juga biasanya sangat tahan terhadap sinar matahari, sehingga cat kayu ini dapat bertahan lama.
  4. Polyurethane.
    Cat kayu ini merupakan jenis cat kayu yang biasanya digunakan untuk mengecat berbagai macam furniture agar beberapa furniture yang Anda miliki terlihat lebih cerah, mengkilap, rata, dan tahan terhadap noda.
  5. Nitro Celluleso.
    Cat kayu ini merupakan jenis cat kayu ini juga biasanya digunakan untuk berbagai perabotan furniture karena jenis cat kayu ini akan menghasilkan hasil yang natural sehingga perabotan yang di cat menggunakan cat kayu ini akan terlihat lebih asli dari warna kayu aslinya.
Baca juga   Pria Butuh Tampil Menarik

Itulah beberapa jenis-jenis kayu yang biasa digunakan untuk melapisi suatu barang-barang tertentu salah satunya yaitu untuk melapisi beberapa furniture yang ada di rumah Anda. Setelah mengetahui apa sajakah jenis-jenis cat kayu yang biasa digunakan, maka selanjutnya yang harus Anda ketahui yaitu bagaimanakah cara atau tips untuk memilih cat kayu yang sesuai dengan furniture Anda. Mau tahu caranya? Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Tips Memilih Cat Pelapis untuk Furnitur

Berikut ini merupakan beberapa tips atau cara untuk memilih cat kayu atau cat pelapis yang sesuai dengan furniture di rumah yang Anda miliki, diantaranya adalah :

  • Yang pertama tentu saja Anda harus menentukan jenis furniture yang akan Anda gunakan.

    Anda juga harus mengetahui tentang apa sajakah perbedaan furniture indoor dibandingkan dengan furniture outdoor. Karena cat kayu yang akan digunakanpun juga jauh berbeda. Jika furniture yang berada diluar atau outdoor maka tentu saja membutuhkan pelapis atau cat kayu yang jauh lebih kuat, hal ini bertujuan untuk melindungi kayu dari berbagai macam perubahan cuaca misalkan terkena panas terus menerus maupun terkena hujan terus menerus.

  • Tips yang kedua yaitu menentukan jenis warna yang diinginkan.

    Ada beberapa jenis warna yang biasanya digunakan untuk melapisi beberapa furniture, misalkan cat kayu solid maupun cat kayu transparan. Ada beberapa pilihan warna yang Anda pilih misalkan jika ingin menutupi serat-serat kayu yang ada di furniture Anda maka sebaiknya Anda menggunakan warna-warna seperti black, blue, green, yellow, red, dan lain sebagainya. Akan tetapi jika Anda ingin menunjukan beberapa serat-serat kayu yang ada di furniture Anda maka pilihlah warna-warna seperti brown, walnut brown, dan lain sebagainya.

  • Tips yang ketiga yaitu menentukan cara pengaplikasian yang termudah.

    Cara ini harus dilakukan juga harus menyesuaikan dengan jenis furniture yang Anda miliki dan juga beberapa kemampuan yang Anda miliki khususnya untuk melapisi furniture Anda agar nanti hasilnya lebih baik setelah dilapisi oleh cat kayu.

  • Tips yang keempat yaitu memilih produk yang bisa digunakan untuk melapisi beberapa furniture rumah tangga Anda yang terbuat dari kayu maupun besi.

    Atau Anda bisa memilih cat kayu yang juga bisa digunakan untuk melapisi furniture Anda di rumah yang terbuat dari besi, alumunium, dan sejenisnya.

Itulah beberapa contoh tips yang bisa Anda lakukan tentunya sebelum memilih beberapa cat kayu yang nantinya akan Anda gunakan untuk melapisi beberapa furniture Anda di rumah selain itu juga harus memperhatikan secara benar apa jenis furniture yang Anda miliki misalkan berbahan kayu, berbahan besi, berbahan alumunium, dan lain sebagainya. Pada intinya, pilihlah juga yang sesuai dengan furniture yang Anda miliki, kemudian jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki, selain itu juga memilih cat yang memiliki merk atau memiliki riwayat hasil yang baik terutama untuk melapisi beberapa furniture Anda di rumah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bagaimanakah cara untuk memilih sebuah pelapis beberapa furniture maupun beberapa komponen lainnya yang sangat penting yang ada di rumah Anda, selain itu di atas juga sudah dijelaskan mengenai jenis-jenis cat kayu yang biasanya digunakan untuk melapisi beberapa barang-barang tertentu dan juga beberapa tips untuk memilih cat kayu yang akan digunakan untuk melapisi beberapa perabotan, furniture Anda, dan juga beberapa komponen-komponen di dalam rumah lainnya.

Semoga beberapa penjelasan di atas dapat membantu Anda dan dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli sebuah cat untuk melapisi beberapa perabotan rumah tangga Anda.

Penulis yang suka nulis