Pernah menjadi benteng utama keluarga ksatria Inggris berpengaruh pada abad ke-15, bagian barat Kastil Claregalway di bagian barat Irlandia kembali ke akarnya pada Sabtu (29/9).

Halaman sekitar rumah menara era Anglo-Norman yang sudah direstorasi, telah diubah menjadi medan pertempuran abad pertengahan saat ratusan pengunjung dari berbagai negara datang untuk menghidupkan kembali pertarungan dan permainan yang sudah ada sejak berabad lalu.

Di lapangan, para petarung berpakaian dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan baju jirah rantai besi, saling bertarung. Meski mereka menggunakan pedang tumpul, tetap saja pukulannya cukup membuat penyok helm penutup wajah. Beberapa bahkan bibirnya robek.

Baca juga   Istri 2 Wartawan Reuters Minta Suami Mereka Dibebaskan

Peserta lain memamerkan keterampilan mereka memotong kembang kol dan terong menjadi dua sambal berkuda. Di sisi lain, peleburan logam menempa senjata, para pedagang pedagang rempah menyiapkan obat-obatan dan pedagang perempuan memintal serta mengecat wol.

Semua peserta sangat serius mempersiapkan kostum yang unik. Hanya sebagian kecil yang tampak tidak mendalami karakter.

“Semuanya dapat menggunakan kostum, tetapi tetap setia dengan karakternya adalah sebuah seni, menurut saya,” kata Helena Stackpole, yang memerankan Lady Eleanor Fitzgerald. [vp/ft]