GENCILNEWS – Para menteri dari Korea Selatan dan Korea Utara setuju untuk mendorong delegasi Korea bersatu untuk pawai bersama dalam pembukaan Asian Games di Jakarta, Reuters melaporkan, mengutip Kantor Berita Yonhap.

Pada pertemuan di Pyongyang, Senin (2/4), Menteri Olahraga Korea Utara Kim Il-guk dan Menteri Olahraga Korea Selatan, Do Jong-whan, membahas kolaborasi olahraga di masa depan antara kedua negara, ditengah mencairnya ketegangan akibat ambisi nuklir Pyongyang.

Kedua negara berpawai dengan membawa bendera persatuan pada upacara penutupan dan pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyongyang. Kedua menteri optimis kemitraan yang sama bisa dilaksanakan untuk Asian Games pada Agustus-September nanti di Jakarta dan Palembang.

Baca juga   Lee Chong Wei Tidak Bertanding Di World Championship dan Asian Games

Mengutip Yonhap, kedua menteri akan memfinalisasi rincian setelah pertemuan puncak bersejarah antara kedua negara pada akhir April.

“Akan sangat baik bila kita bisa membahas dan mulai bekerja untuk kesepakatan tertentu setelah pertemuan puncak pada akhir April,” kata Do kepada para wartawan. “Saya berharap olahraga bisa membuka jalan rekonsiliasi antar Korea.”

Delegasi Korea Selatan melawat ke Pyongyang pada Sabtu (31/3) dalam kunjungan balasan setelah Korea Utara mengirimkan para artis ke Olimpiade Musim Dingin di Korea.

Dua negara Korea yang bertetangga itu secara teknis masih berperang setelah konflik 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan persetujuan damai. [ft]