Fitch Naikkan Peringkat Utang Indonesia Menjadi BBB

Fitch Naikkan Peringkat Utang Indonesia Menjadi BBB

GENCIL.NEWS – Fitch Ratings telah menaikkan peringkat utang Indonesia satu tingkat dari BBB- menjadi BBB dengan proyeksi stabil, karena arah kebijakan makro ekonomi dan kebijakan moneter telah membuat ekonomi Indonesia bertahan dari guncangan luar, Reuters melaporkan, Kamis (21/12).

Fitch mengatakan ketangguhan ekonomi Indonesia terhadap guncangan eksternal semakin kuat beberapa tahun terakhir, didukung oleh kebijakan makro ekonomi yang diarahkan untuk menjaga stabilitas.

“Kebijakan moneter telah cukup displin untuk membatasi arus modal keluar yang berubah-ubah dalam masa yang menantang ini,” kata lembaga pemeringkat itu dalam pernyataannya. “Langkah-langkah macro-prudential telah membantu menghentikan kenaikan tajam utang luar perusahaan, sedangkan pendalaman finansial bertepatan dengan stabilitas pasar yang membaik.”

Fitch mengembalikan peringkat utang Indonesia ke status layak investasi setelah 14 tahun. Sedangkan keputusan peringkat utang Indonesia dari S&P, yang banyak ditunggu, dikeluarkan pada Mei tahun ini.

“Kenaikan peringkat utang (Fitch) ini akan menjadi modal yang bagus bagi Indonesia memasuki 2018 untuk menarik investasi asing dan domestik, baik untuk sektor riil dan portofolio,” kata Luky Alfirman, kepala Pendanaan dan Manajemen Risiko dari Kementerian Keuangan. [fw]