Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Ingatkan Bahaya Joget Ala Shiggy

GENCILNEWS – In My Feelings” yang dirilis rapper Drake akhir Juni lalu bisa jadi lagu biasa, apalagi video musik yang digarap pun tidak terlalu menarik.

Tetapi tantangan Instagram influencer  Shiggy yang memasang video berdurasi hampir satu menit yang menunjukkan ia berjoget mengikuti lagu Drake, dan mengajak untuk mengirim video serupa dengan hadiah seperempat juta dolar, menarik perhatian luas.

Ribuan anak muda – khususnya remaja perempuan – dan bahkan selebriti, melakukan atraksi joget di pinggir jalan, di sebelah mobil yang sedang melaju pelan, atau bahkan sambil berkendara, mengikuti satu bait lagu “In My Feelings.”  Lagu Drake ini pun meledak di pasaran dan Instagram TheShiggyShow kebanjiran followers.

Tetapi aparat penegak hukum, khususnya di kepolisian, di seluruh dunia resah melihat tantangan berbahaya ini karena semakin lama orang semakin tertantang untuk melakukan hal yang lebih menarik sambil menari, yang tak jarang membahayakan.

Misalnya saja joget dan merekam video sambil berkendara, atau lompat dari mobil yang sedang melaju dalam kondisi salah satu pintu terbuka dan menari mengikuti lagu Drake yang dipasang di mobil, atau bahkan joget di jalan raya diantara dua jalur mobil  yang saling melintas.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional NTSB lewat Twitter 23 Juli lalu mengingatkan agar selalu fokus jika sedang berkendara.

“Kami prihatin dengan tantangan #InMyFeelings.  #Gangguan dalam bentuk apapun adalah hal yang berbahaya dan dapat menelan korban jiwa.  Apakah Anda seorang #pengemudi, #pilot, atau #operator, fokus pada keselamatan ketika sedang berkendara.

Kepala Urusan Advokasi Keselamatan di NTSB mengatakan kepada The Blast bahwa “kecelakaan kendaraan bermotor adalah penyebab utama kematian di Amerika.

Melompat dari kendaraan yang sedang melaju atau melompat ke jalur lalu lintas untuk menari adalah hal yang bodoh dan berbahaya, bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.”

Joget mengikuti lagu Drake atau dikenal sebagai “Keke Challenge” – mengutip satu bait yang dinyanyikan dalam “In My Feelings” itu –  dinilai sama berbahaya dengan tantangan sebelumnya, “The Ghost-Riding The Whip.”

Otorita berwenang pun mengeluarkan peringatan serius terhadap tantangan sebelumnya itu dengan terang-terangan mengatakan warga seharusnya tidak melanggar hukum dan membahayakan keselamatan diri dan orang lain hanya karena ingin membuat video lucu.  (em)