Harga Minyak Turun Terseret Pelemahan Bursa Saham Global

Harga minyak meneruskan tren penurunan, Kamis (25/10), terseret pelemahan bursa saham dunia. Bursa-bursa saham AS membukukan penurunan harian terbesar sejak 2011 hingga menggerus seluruh keuntungan yang sudah diperoleh sepanjang 2018.

Harga minyak Brent turun 41 sen atau 0,5 persen menjadi $75,76 per barel dari penutupan sebelumnya, Reuters melaporkan.

Harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) juga bernasib sama dengan turun 37 sen atau 0,6 persen menjadi $66,45 per barel.

“Harga minyak acuan global sudah tergerus banyak sejak permulaan Kuartal 4 2018 karena kepercayaan pasar menurun akibat proyeksi ekonomi yang lebih lemah setelah 2018 dan penjualan besar-besaran saham global,” kata Benjamin Lu, analis komoditi dari pialang kontrak berjangka Philip Futures.

Baca juga   Pentagon: Biaya Parade Militer Diperkirakan $12 Juta

Pasar juga mendapat pukulan berat bulan ini dengan berbagai peristiwa yang memicu sentimen negatif, antara lain perang dagang AS-China, pelemahan mata uang di negara-negara berkembang, kenaikan biaya pinjaman, dan imbal hasil obligasi, serta kekhawatiran mengenai ekonomi di Italia.[ft/au]

Penulis yang menyukai musik hingar bingar , jazz dan classic, gemar traveling, mencintai hidup, menghargai perbedaan, gak suka ribet, dan menyukai green tea.