GENCILNEWS – Lingkaran CEO dalam Fortune 500 kehilangan salah seorang perempuan terkemuka dengan keluarnya Indra Nooyi dari jabatan CEO PepsiCo yang sudah diemban sejak lama.

Nooyi, kelahiran India, adalah sosok langka di Wall Street mengingat dia seorang perempuan dan minoritas yangmemimpin sebuah perusahaan Fortune 500 ternama. Dia mengawasi PepsiCo semasa periode bergolak dalam industri yang telah memaksa beberaparaksasaprodusen makanan termasuk Coca Cola Co., Campbell Soup Co. dan pembuat Oreo Mondelez International Inc. untuk beradaptasi dengan pergeseran minat pelanggan. Semua perusahaan itu berganti CEO tahun lalu.

Di PepsiCo Inc., Nooyi menekankan langkah perusahaan itu untuk menghasilkan produk-produk yang baik untuk konsumenyang bertujuan agarkonsumen tidak merasa berasalah mengonsumsinya, seperti keripik kentang Baked Lay dan jus Naked yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran. Perusahaan itu masih tetap memproduksi soda bergula atau kudapan lainnya.

Baca juga   Pemerintah AS Tuduh Smartphone China Memata-matai Pengguna

Nooyi , 62 tahun, telah bekerja untuk PepsiCo selama 24 tahun dan memegang jabatan tertinggi itu selama 12 tahun.

Veteran PepsoCo lainnya, Ramon Laguarta, akan mengambil alih peran CEO bulan Oktober, kata perusahaan itu hari Senin. Nooyi akan tetap menjabat sebagai chairwoman sampai awal tahun depan. [vm/jm]