Ada Markas Avengers di Indonesia?

Siapa pahlawan superhero favorit kamu di avengers? Iron man, hulk, thor, Captain america atau black widow?.

Pada tahun 1960-an demam komik superhero tengah menggejala. Hanya saja, ketertarikan publik yang tinggi itu tak berimbang dengan kemampuan yang dimiliki Marvel kala itu.

“Ini terjadi tanpa sengaja. Mereka tak cukup waktu untuk membuat karakter baru. Jadi saat itu Stan Lee berkata ‘Sudahlah, kita pertemukan saja para pahlawan super ini. Orang pasti suka’,” tutur Editor in Chief Mervel Comics, C.B Cebulski

Jadilah pada September 1963, komik The Avengers pertama terbit. Di sampul depannya hadir Thor, Iron Man, Ant-Man, Wasp, dan Hulk yang berhadapan dengan Loki.

Bagi kamuyang sudah menonton ataupun hanya melihat dari trailernya Captain America : Civil War pasti pernah melihat gambar diatas. Ya, gambar diatas merupakan “kantor” utama dari The Avengers, sebelumnya The Avengers menggunakan Stark Tower sebagai kantor utama hanya saja tempat tersebut telah porak poranda akibat serangan dari Ultron.

The Avengers kemudian memutuskan untuk pindah ke salah satu gudang tua Stark Industries yang lama terbengkalai milik Howard Stark, ayah dari Tony Stark. Ant-Man bahkan terkejut ketika melihat gudang tua yang disebut oleh Hank Pym ternyata telah menjadi kantor Avengers.

Ada sesuatu yang unik, ternyata di Indoensia ada kantor yang mirip dengan markas para superhero marvel.

Saat ini Jokowi pun sedang menugasi jajarannya menggarap sebuah bangunan di Indonesia berdesain mirip logo Avangers. Bangunan tersebut pun terletak di ujung bagian timur Indonesia.

joko widodo

Bangunan itu merupakan Monumen Kapsul Waktu di Merauke Papua. Kawasan itu, merupakan tempat penyimpanan kapsul yang berisi ratusan harapan masyarakat Indonesia yang akan dibuka 70 tahun mendatang. Kawasan itu pun ditargetkan dapat selesai akhir tahun ini. 


© Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sahabat masih ingat dengan Monumen Kapsul Waktu yang tengah dibangun di Merauke? Progres pembangunan monumen yang menyimpan kapsul waktu berisi impian anak Indonesia tersebut kini telah mencapai 74%, dan ditargetkan dapat selesai akhir tahun ini. Desain arsitektur monumen dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia Yori Antar. Angka 17, 8, dan 45 dipilih menjadi angka-angka kunci ukuran monumen. Monumen memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjang 45 m. Arsitektur monumen juga mengadopsi unsur budaya Papua. Kapsul Waktu akan ditempatkan diatas bangunan tugu yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani, dengan lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke (Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu) sebagai penjaga tugu kapsul waktu. #InfrastrukturUntukNegeri #MonumenKapsulWaktu #PUPRsiapmelayani #InfrastrukturUntukIndonesiaMaju

Dikutip dari akun resmi instagram Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis 13 September 2018, desain arsitektur proyek yang digarap PT Nindya Karya Wilayah V, di bawah pengawasan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR ini, dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia, Yori Antar. Angka 17, 8, dan 45 dipilih menjadi angka-angka kunci ukuran monumen. 

Monumen memiliki lebar 17 meter, tinggi delepan meter dan panjang 45 meter. Arsitektur monumen juga mengadopsi unsur budaya Papua. 


Pembangunan monumen dilakukan tahap I pada tahun 2016 berupa pekerjaan pondasi dengan anggaran Rp 7 miliar. Pekerjaan dilanjutkan tahap II sejak Juli 2017 dan direncanakan selesai Desember 2018. (Foto: Kementerian PUPR)

Ide pembangunan Monumen Kapsul Waktu itu berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2015.

Jika desain monumen ini dilihat sekilas, jika difoto dari atas, sangat mirip logo Avengers yang berbentuk inisial A di dalam lingkaran dan memiliki garis yang tegas.


Kementerian PUPR menyelesaikan pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke, Papua. (Foto: Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam ajang World Ekonomi Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam mengatakan, ada sosok ‘Thanos’ yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi.


Kementerian PUPR menyelesaikan pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke, Papua. (Foto: Kementerian PUPR)

Jokowi pun berencana, dia dan sesama rekan ‘Avengers’ lainnya siap untuk mencegah hal pemusnahan tersebut terjadi.

Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke, Papua. Saat ini, progres fisik telah mencapai 74 persen dan ditargetkan bisa rampung pada Oktober 2018 mendatang.