GENCILNEWS – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau-pulau yang sangat indah, selain itu juga Indonesia cukup terkenal karena memiliki banyak laut-laut yang indah dan juga terumbu karangnya yang sangat indah. Bahkan Indonesia sudah cukup terkenal di mata dunia. Akan tetapi banyak masyarakat Indonesia yang justru tidak mengetahui apa sajakah potensi-potensi yang dimiliki oleh negara tercinta kita ini. Bahkan mungkin banyak orang-orang di Indonesia ini tidak mengetahui bagaimanakah cara agar budaya Indonesia dapat berkembang dan menjadi semakin terkenal di mata dunia.

Selain itu banyak budaya-budaya yang kita miliki malah dicuri oleh banyak orang di luar negeri karena kurangnya bangsa Indonesia ini untuk menjaga budaya yang sudah dimilikinya, tentu sangat menyedihkan bukan? Jika tari-tarian yang dimiliki oleh Indonesia diakui oleh beberapa negara, kemudian ukir-ukiran milik nenek moyang di Indonesia diakui juga oleh beberapa negara, dan lain sebagainya. Maka dari itu seharunya bangsa Indonesia ini menjaga budaya-budaya yang sudah dimiliki.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan budaya Indonesia agar lebih dikenal di mata dunia, dan juga tidak dicuri oleh banyak masyarakat-masyarakat luar negri. Mau tahu apa sajakah caranya? Yuk simak beberapa penjelasannya berikut ini!

Cara untuk Mempromosikan Budaya Indonesia

Berikut ini merupakan beberapa cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan budaya negara Indonesia sendiri, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Dengan memperkenalkan tari-tarian yang dimiliki oleh Indonesia.
    Tips yang pertama yaitu dengan cara memperkenalkan tari-tarian yang dimiliki oleh Indonesia. Ada banyak sekali tari-tarian yang dimiliki oleh Indonesia ini seperti Tari Saman, Tari Gambyong, dan lain sebagainya. Di setiap daerahnya memiliki masing-masing tarian yang sangat unik, bahkan ada beberapa tarian yang menggunakan senjata-senjata tradisional, hal inilah yang juga bisa membantu Anda untuk memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia. Mungkin salah satu caranya yaitu Anda bisa membuat rumah kreasi dengan tari-tarian dari seluruh Indonesia.
  2. Dengan memperkenalkan music dan nyanyian yang dimiliki oleh Indonesia.
    Tips yang kedua yaitu memperkenalkan music dan nyanyi-nyanyian tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Ada banyak music-musik tradisional bahkan alat musiknya yang sangat unik seperti angklung, gendang, gamelan, dan lainnya. Caranya juga sama, Anda bisa memperkenalkan beberapa music maupun nyanyian yang dimiliki oleh Indonesia yaitu dengan membuat rumah kreasi maupun mini panggung yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan apa sajakah alat music, music, dan juga nyanyian-nyanyian yang dimiliki oleh Indonesia.
  3. Dengan memperkenalkan makanan yang dimiliki oleh Indonesia.
    Tips yang ketiga yaitu memperkenalkan makanan yang dimiliki oleh Indonesia. Di setiap daerah di Indonesia juga memiliki makanan-makanan khasnya seperti gudeg, soto banjar, mie aceh, dan lain sebagainya. Bahkan Indonesia juga cukup terkenal dengan jajanan-jajanan pasar seperti kue cucur, klepon, lupis, dan lain sebagainya. Hal inilah yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia dengan cara memperkenalkan makanan apa sajakah yang dimiliki oleh Indonesia ini.
  4. Dengan selalu menggunakan batik khas Indonesia.
    Tips yang keempat yaitu selalu menggunakan batik-batik Indonesia. Hal inilah yang mungkin banyak orang berat untuk melakukannya. Banyak orang Indonesia yang menganggap batik tidak bisa digunakan untuk mendatangi ke beberapa acara-acara tertentu, padahal sudah banyak desainer-desainer di Indonesia yang merancang busana yang bisa Anda gunakan untuk mendatangi ke beberapa acara baik formal maupun bebas. Masih banyak orang Indonesia yang juga menggunakan baju-baju produk luar negri sehingga membuat batik di Indonesia semakin punah. Maka dari itu sebaiknya tetap gunakanlah batik, agar banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia ini mengetahui bahwa masyarakat Indonesia sangat mencintai untuk menggunakan batik yang merupakan produk dalam negri.
  5. Memperbanyak wisata-wisata yang ada di Indonesia.
    Tips yang kelima yaitu dengan memperbanyak objek wisata yang ada di Indonesia. Indonesia memang memiliki cukup banyak wisata-wisata yang menarik untuk dikunjungi bahkan dari Sabang hingga Merauke pun Indonesia miliki. Ada salah satu pulau yang paling banyak diminati oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, pulau tersebut adalah Pulau Bali. Pulau ini merupakan pulau yang sangat sering didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara, banyak wisatawan yang beralasan mengunjungi tempat ini karena di Pulau Bali ini memiliki banyak keindahan alam seperti pantai-pantainya, wisata Pura, wisata bawah lautnya, dan sebagainya.Inilah yang membuat Indonesia tidak terkenal di mata dunia, karena mungkin yang masyarakat ketahui hanyalah Pulau Bali yang memiliki keindahan wisata alam terbaik di Indonesia, padahal ada banyak sekali wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selain yang ada di Pulau Bali. Misalkan Pulau Batam, Pulau Lombok, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, dan lain sebagainya.
  6. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Tips yang keenam yaitu memperkenalkan bahasa Indonesia di mata dunia. Jika bahasa Inggris saja bisa menjadi bahasa Internasional di seluruh dunia lalu mengapa bahasa Indonesia tidak bisa? Lalu bagaimanakah caranya? Caranya memang tidak mudah, mungkin Anda perlu membiasakan bahwa wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia maka harus memahami bahasa Indonesia. Walaupun ini mungkin terlihat sangat susah namun jika dilakukan secara perlahan maka hasilnya pun akan maksimal. Tentu mau kan bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional yang diketahui oleh seluruh dunia?
  7. Keramahtamahan warga Indonesia terhadap wisatawan asing.
    Tips yang ketujuh yaitu sikap ramah tamah yang dimiliki oleh warga Indonesia. Memang sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, banyak juga wisatawan yang menggunakan tour guide selama mereka berada di Indonesia. Hal inilah yang bisa Anda lakukan sebagai cara untuk memperkenalkan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan sikap ramah tamah, sabar, dan selalu bersikap sopan maka banyak wisatawan yang akan menganggap bahwa orang Indonesia sangatlah ramah, baik, dan juga sopan.
  8. Menggunakan media sosial.
    Tips yang kedelapan yaitu mempromosikan budaya Indonesia yang kita miliki dengan menggunakan media sosial. Cara yang terakhir ini memang akan dapat membantu cukup banyak karena banyak orang yang menggunakan sosial media bukan saja di Indonesia namun juga di seluruh dunia, maka dari itu promosi budaya dengan media sosial memang cara yang tepat.
Baca juga   Istimewa Ariana Grande Tampil Mempesona dengan Busana Karya Perancang Indonesia Diana Putri

Itulah beberapa contoh dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan budaya-budaya yang sudah dimiliki oleh Indonesia di mata dunia. Jika Anda bisa membuat Indonesia tidak dipandang sebelah mata, maka bantu lah untuk terus memamerkan budaya yang kita miliki ke seluruh dunia. Jika hal-hal diatas mungkin dirasa susah bagi sebagian orang, maka Anda bisa melakukannya dengan mempromosikan melalui sosial media, karena sosial media ini dapat dijangkau oleh beberapa orang bukan saja di Indonesia namun di seluruh dunia. Maka dari itu jika hal kecil ini bisa Anda lakukan, lalu tunggu apalagi?

Semoga dengan beberapa penjelasan di atas dapat membantu Anda yang ingin sekali membantu Indonesia agar budaya-budayanya dapat terkenal di mata Dunia. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat! Yuk promosikan budaya kita sekarang juga!