Survei Alvara Research Center: Jokowi Ungguli Prabowo

Sebuah hasil survei yang diumumkan secara terbuka tentu merupakan informasi bagi khalayak, yang bisa pula menjadi landasan-landasan dalam membuat argumentasi maupun keputusan.

Alvara Research Center merilis hasil survei yang mengadu elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno jelang Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf unggul dari Prabowo-Sandi.

Survei dilakukan pada periode 8-22 Oktober 2018 terhadap 1.781 responden di 33 provinsi. Alvara tidak melakukan survei di Sulawesi Tengah karena wilayah tersebut sedang ditimpa bencana.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode pengambilan sampel secara acak atau multi stage random sampling. Margin of error survei 2,37%.

Surveyor menanyakan para responden dengan satu pertanyaan. Jika pemilu dilakukan hari ini, pasangan capres-cawapres mana yang Anda pilih? Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan selisih 20,2%.

Baca juga   Indef Kritik Klaim Pemerintah Soal Data Kemiskinan

Berikut ini hasil survei elektabilitas yang diselenggarakan Alvara:

Jokowi-Ma’ruf 54,1%
Prabowo Sandiaga 33,9%
Belum memutuskan 12,0%

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.