Mantan Gubernur BI Rachmat Saleh Meninggal Dunia

GENCIL.NEWS Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Rachmat Saleh, Mantan Gubernur Bank Indonesia periode 1973-1983 dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Minggu (11/2/2018) sekitar pukul 15.00 WIB.

Rachmat wafat tiga hari setelah buku biografinya yang berjudul “Rachmat Saleh, Legacy Sang Legenda Kejujuran” diluncurkan pada Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2018 di Padang, Sumatera Barat.

Pada momen itu, bukunya bersamaan dengan 29 buku lainnya yang ditulis wartawan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Menurut pesan yang beredar, jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka Jalan Ampera 119, Cilandak, Jakarta Selatan.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur tersebut menjabat sebagai Gubernur BI di era kepemimpinan Presiden Soeharto menggantikan Radius Prawiro. Setelah melepaskan jabatannya sebagai orang nomor satu bank sentral digantikan oleh Arifin Siregar, Rachmat diangkat menjadi Menteri Perdagangan pada tahun 1983.

Rachmat merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Meski telah tiada, karya Rachmat Saleh tetap dikenang sampai sekarang. Selama masa kepemimpinannya, Rachmat Saleh mewariskan banyak hal untuk BI, UMKM, perbankan, dan sektor perdagangan.

Berbagai buah pemikiran serta kebijakannya termuat dalam tema-tema di biografinya. Seperti “Lelang Jabatan Murni di Kemendag”, “Memacu Daya Saing Bangsa”, Bapak Kebangkitan Pribumi”, “Primadona KIK/ KMKP”, “Krisis Utang Pertamina”, “Bapak Merger Bank”, dan “Nasionalis, Jujur, Sederhana.”

Pada momen itu bukunya dengan 29 buku lainnya yang ditulis wartawan diserahkan Ketum PWI kepada Presiden Jokowi. Kini Mr Jujur telah tiada, 3 bulan sebelum merayakan HUT nya yang ke 88. (raw)