Waka Polres Kayong Utara Ajak Masyarakat Untuk Bersama Memberantas Pungli

Waka Polres Kayong Utara Ajak Masyarakat Untuk Bersama Memberantas Pungli

GENCIL NEWS – KAYONG UTARA – Banyaknya kasus pungli atau pungutan liar  yang beredar di beberapa wilayah Indonesia termasuk di Kayong Utara, membuat aparat keamanan Kayong Utara merencanakan pemberantasan pungli. Hal ini direalisasikan pada Senin, 28 Agustus 2017, Waka Polres Kayong Utara Kompol O Umbu Sairo menggelar sosialisasi Saber Pungli yang diselenggarakan di Gedung Balai Praja Kantor Bupati.

Pada acara sosialisasi, Kompol O Umbu Sairo sebagai Waka Polres Kayong Utara yang juga merupakan Ketua dari Saber Pungli menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk melaporkan setiap kegiatan yang melanggar aturan, baik itu di tingkat desa, tingkat pemerintah daerah, atau bahkan di tingkat Kepolisian.

“Untuk Masyarakat Kayong Utara ini, saya minta dan saya tegaskan tak perlu takut untuk di intimidasi kalau ada pungli ataupun pungutan liar diluar aturan. Mari kita sama-sama berantas dan kita tangkap,” tegasnya.

Bahkan dalam kesempatannya, Waka Polres Kopol O Umbu Sairo juga memberikan nomor Hpnya kepada masyarakat, agar siapa saja yang mendapati ada pungutan liar dapat melaporkan secara langsung kepada dirinya. Ia juga menjelaskan, agar pelapor jangan khawatir dan takut untuk melaporkan, karena identitas dari pelapor akan dirahasiakan olehnya.

“Bisa dilaporkan via WA, sudah kita tebar di baleho, dan si pelapor juga indentitasnya kita rahasiakan,” ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi yang digelar ini merupakan salah satu bentuk untuk memudahkan aparat keamanan untuk memberantas pungli. Pasalnya belum ada masyarakat yang berani melaporkan adanya kejadian pungli.

”Sampai saat ini belum ada masyarakat yang melapor, makanya saya perlu melakukan sosialisasi,” ujarnya.