Ale-Ale, Kuliner Khas Ketapang

Ale-Ale, Kuliner Khas Ketapang

GENCIL NEWS – KETAPANG – Salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yaitu Ketapang memiliki ratusan kuliner yang nikmat dan lezat, salah satunya adalah ale-ale. Kuliner khas Ketapang ini berbahan dasar dari ale-ale atau sejenis kerang yang banyak hidup laut yang terdapat di Ketapang.

Bahkan, ale-ale dijadikan sebagai maskot dari kota Ketapang, karena ale-ale bisa ditemukan hampir di seluruh laut di Ketapang Kalimantan Barat. Hal ini karena memang perairan di Ketapang belum tercemar oleh polusi.

Ale-ale, dapat di olah menjadi berbagai masakan khas Kalimantan barat yang memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat.  Berbagai masakan tersebut yaitu; asam pedas ale-ale, sambal ale-ale, serundeng ale-ale dengan parutan kelapa, dan masih banyak lainnya kuliner khas Ketapang yang berbahan dasar ale-ale.

Tekstur dari daging ale-ale sendiri sepertihalnya dengan tekstur pada kerang umumnya, yaitu kenyal dan enak. Untuk mengolah ale-ale menjadi sajian kuliner khas Ketapang Kalbar, maka terlebih dahulu dengan merebusnya, hal ini agar cangkang dari lae-ale dapat terbuka dengan sendirinya.

Kuliner yang paling enak dengan bahan dasar ale-ale adalah asam pedas ale-ale, apalagi jika bumbu pelengkapnya dengan cabe merah keriting, tentunya rasa pedasnya akan berasa. Jika anda mengunjungi Ketapang dan ingin menikmati sajian kuliner khas Ketapang ini, anda bisa mencarinya di beberapa warung makan atau cafe yang ada di Ketepang. Atau jika anda ingin mengolahnya sendiri, anda bisa membeli ale-ale di pasar tradisional ataupun di supermarket seafood.