Berburu Kue Binke (Binka) Jajanan Khas Khatulistiwa

Berburu Kue Binke (Binka) Jajanan Khas Khatulistiwa

Berburu kue binka (binka) jajanan khas khatulistiwa – Mendekati Puasa yang tinggal beberapa bulan lagi. Sepertinya sudah banyak orang yang jauh jauh hari sudah mempersiapkan diri untuk pulang kampung atau liburan. Libur panjang Hari Raya adalah saat yang di tunggu tunggu oleh semua orang. Pada saat itulah mereka yang berada di rantau memutuskan istirahat sejenak untuk pulang kampung menengok saudara, teman, maupun kerabatnya. Bagi mereka yang tidak pulang kampung, libur Hari Raya juga merupakan saat yang di tunggu juga dikarenakan mereka bisa melakukan perjalanan liburan ke tempat tempat yang menarik untuk di kunjungi.

Bagi para perantau dari kota Pontianak. Pulang kampung adalah waktu dimana mereka bisa bernostalgia. Menikmati kuliner kuliner tradisional , menyusuri tempat tempat wisata yang bisa membuat ingatan masa kecil mereka kembali. Banyak Makanan tradisinal Pontianak yang memanjakan lidah para penikmatnya. Bahkan sebuah makanan terkadang mampu membangkitkan kenangan masa lalu bersama orang yang kita sayangi. Terkadang nilai sejarah dari makanan itulah yang mampu menarik para penikmatnya untuk memburunya. Misalnya makanan tradisional seperti Sotong Pangkong. Masakan khas tradisinal Pontianak satu ini mampu membangkitkan kenangan saat Ramadhan di Pontianak. Karena masakan ini memang khas kue Ramadhan. Kue yang ketika Ramadhan tiba menjadi makanan yang paling diburu para penikmat kuliner. Pedagangnya pun bersifat musiman karena pada saat Ramadhan tiba banyak pedagang Sotong Pangkong bermunculan.

Nah salah satu Kue tradisional Pontianak lainnya yang tidak kalah lezatnya adalah Kue Bingke. Kue Bingke terbuat dari campuran bahan tepung beras atau terigu, gula, garam, vanili, santan. Bentuknya yang cantik menyerupai daun semanggi yang mempunyai kelopak 6. Pada jaman dahulu Kue Bingke dimasak dengan cara tradisonal yaitu dengan cara dipanggang diatas arang. Berkembangnya waktu Kue bingke sudah bisa dipanggang dengan peralatan yang lebih modern seperti Oven. Kue yang termasuk dalam kategori kue basah ini menjadi salah kue tradisional khas Pontianak. Berkembangnya kuliner dewasa ini juga membuat Kue bingke di kemas dalam berbagai cita rasa kekinian. Ada kue bingke cita rasa ubi rambat, kentang, coklat keju, pisang, durian, kacang Ijo, nangka, susu, ada juga rasa roti asin.

kue bingke
kue bingke (foto digulis)

Kue Bingka atau kalau di kota asalnya Pontianak biasa disebut dengan Kue Bingke, itu sendiri sebenarnya mempunyai dua macam jenis. Yang pertama kue Binke kering dan kue Bingke berendam atau kue Bingke basah. Kue Bingke basah teksturnya basah dan agak lembek. Yang membedakan keduanya salah satunya cara memasaknya. Kalau kue Bingke kering dimasak dengan cara di panggang sedangkan kue Bingke basah dengan cara di kukus. Untuk keawetannya kue Bingke kering lebih tahan lama dibandingkan dengan kue Bingke basah. Cara penyajian Kue Binke itu sendiri adalah sangat unik yaitu sebelum disajikan Kue Bingke akan dipanggang dulu karena kebanyakan kue Bingke dimasak secara setengah matang. Jika ada yang membeli baru akan dipanaskan menjadi matang.

Nah karakter dari Kue Binke itu sendiri adalah kue basah, lunak hampir menyerupai bubur padat. Jika kita memakannya nyaris tidak perlu mengunyahnya dikarenakan teksturnya yang sangat lembut. Akan lebih lezat jika dimakan dalam kondisi kue masih basah atau masih segar. Nah kadang kita terkendala oleh cepat keringnya kue Bingke yang kita beli. Hal ini terjadi apabila kue Bingke yang sudah kita buka tapi tidak habis kita makan. Nah untuk mensiasati ini kita bisa membungkus kue Bingke yang sudah kita buka dan tidak habis dimakan dengan cara dibungkus dengan Alumunium Foil masukkan ke dalam wadah kemudian simpan dalam lemari es. Jangan dicampur dengan bahan bahan yang berbau tajam seperti ayam, daging atau ikan karena akan mempengaruhi aroma kue bingke. Selain itu Kue Bingke ada baiknya jangan dibekukan karena akan membuat kandungan nutrisi yang ada didalamnya rusak.

Nah jika kita berkunjung di Pontianak dimanakah kita bisa membeli Kue Bingka yang enak dan lezat. Berikut beberapa toko yang menjual khas makanan kue Bingka.

1. Yang pertama adalah Toko Kue Bingka AL Fajar. Terletak di jalan Adi Sucipto No.155 B. Toko yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini. Menyediakan Kue Binka yang sangat segar. Bahkan terkadang masih hangat karena baru keluar dari pemanggangan. Ada berbagai macam rasa yang di tawarkan ada rasa original, susu, kacang hijau dan buah buahan seperti pisang ataupun durian. Jika ingin memesan dalam jumlah banyak untuk memudahkan bisa menelepon terlebih dahulu. 0561 762381 atau +6285654528328

2. Toko yang kedua adalah di Toko Bingka Special Anggrek letaknya sangat strategis di Jalan Gajahmada 1 No.43, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243. Toko ini Buka dari pukul 5 sampai dengan pukul 19.00 waktu Indonesia setempat.

3. Toko Bingka Khatulistiwa adalah salah satu toko Bingka tertua di Pontianak. Terletak di Jalan Adi Sucipto. Toko ini sudah dikelola oleh 4 generasi dari pendahulunya. Di Toko bingke itu ada 11 jenis binke, pertama bingke biasa, bingke susu, bingke berendam, bingke durian, bingke cokelat keju, bingke keju, bingke jagung, bingke pandan, bingke pisang keju, bingke ubi dan bingke kentang

Ketiga toko Bingka diatas adalah salah toko yang banyak dikunjungi jika para penikmat kuliner ingin mencari jajanan binke sebagai oleh oleh. Masih banyak toko toto lain yang menjual binka di Pontianak.

Nah untuk kamu yang belum bisa ke Pontianak. Sekarang ini di daerah lain juga sudah menjual kue khas Pontianak. Seperti di Yogyakarta, Jakarta dan kota kota besar lainnya. Atau memang jika anda mempunyai bakat memasak maka pilihan membuat sendiri kue bingka bisa menjadi alternative bagi yang penasaran dengan kue binka khas Pontianak. Akan tetapi proses pembuatan yang lama membutuhkan kesabaran yang tinggi jika ingin membuatnya sendiri.

Resep Kue binka sendiri bisa kita cari melalui internet. Jadi jika belum bisa berkunjung ke Pontianak kita bisa mencobanya membuat sendiri. Salah satu resep yang bisa dipakai adalah :
Bahan Pertama : 3 Butir telur, 200 gr gula pasir. Bahan Kedua : 500 Gram Kentang Kukus dihaluskan, 500 Gram tepung terigu, 1 sendok teh Vanili, 1 sendok teh garam. Bahan ketiga 600 cc santan kental. Setengah kaleng susu kental manis. Dan 100 gram mentega cair.

Cara membuatnya adalah Kocok bahan pertama sampai gula larut. Kemudian masukkan bahan kedua dan bahan ktiga secara berurutan dan bergantian. Setelah semua bahan tercampur rata masukkan ke dalam cetakan Loyang. Kemudian lakukan pemanggangan sampai warnanya agak coklat dan matang. Keluarkan dari Loyang jika sudah dingin. Sepertinya mudah ya. Silahkan mencobanya. Sehingga untuk menikmati Kue Bingka anda tidak perlu jauh jauh datang ke Pontianak. Untuk variasi rasa anda bisa mencampurnya dengan ubi ungu, atau buah buahan seperti durian, pisang dan lain sebagainya. Siapa tahu dengan mencoba membuat sendiri akan bisa membuka peluang usaha untuk menjualnya. Akan tetapi jika datang ke Pontianak jangan lupa ya cicipi Kue Bingka, kue tradisional khas Pontianak. Selamat mencoba. Terima kasih.