Bubur Pedas, Kuliner Khas Sambas Yang Lezat

Bubur Pedas, Kuliner Khas Sambas Yang Lezat

GENCIL NEWS – SAMBAS – Belum lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Kota Sambas belum menikmati bubur pedas kuliner khas Sambas yang sangat lezat. Bubur pedas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari Suku Melayu di Kabupaten Sambas.

Awalnya, bubur pedas ini adalah sajian makanan untuk kerajaan di keraton Sambas, dan kemudaian menyebar luas hingga dapat dinikmati oleh masyarakat di seluruh Kota Sambas. Dan pada akhirnya bubur pedas dijadikan sebagai makanan khas Sambas.

Bubur pedas kuliner khas Sambas sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki citra rasa yang unik dan khas sehingga membuat penikmatanya ketagihan. Apalagi bubur pedas khas Sambas ini memiliki manfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Cara membuat bubur pedas Sambas ini juga sangat mudah, yaitu degan menghaluskan beras kemudian diongseng tanpa menggunakan minyak. Kemudian dicampurkan dengan macam-macam sayuran seperti pakis, kangkung, wortel, ubi, daun kesum dan rempah-rempah lainnya.

Jika menggunakan resep aslinya, bubur pedas khas Sambas ini ditambahkan dengan berbagai macam sayuran hingga mencapai 30 macam agar menambah citra rasa. Bahkan pada beberapa resep, pengolahan bubur pedas Sambas ini dicampur dengan daging, ikan dan kacang.

Olahan bubur pedas kuliner khas Sambas ini terbilang sangat unik, karena dalam pengolahannya berasal dari perpaduan antara sayuran dan bubur. Sehingga tidak hanya lezat namun juga bergizi. Bagi yang tidak menyukai sayur, maka bubur pedas khas Sambas ini dapat dijadikan pilihan, karena rasanya lezat dijamin siapa saja akan menyukainya.