Jimut, Kue Tradisional dari Masyarakat Dayak Mualang

Jimut, Kue Tradisional dari Masyarakat Dayak Mualang

GENCIL NEWS – KABUPATEN SEKADAU – Salah satu incaran para wisatawan jika mengunjungi suatu daerah adalah untuk merasakan kulinernya. Salah satu kuliner yang terkenal lezatnya adalah di Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Berbagai makanan khas baik berupa masakan maupun cemilan berupa kue banyak disajikan dan dipasarkan di Sekadau.

Salah satu cemilan yang memiliki rasa lezat yaitu ke tradisional jimut. Dan bahan dasar dari kue tradisional jimut yaitu tepung terigu. Jimut merupakan kue tradisional khas masyarakat Dayak Mualang di daerah Belitung Kabupaten Sekadau. Bentuk dari kue tradisional jimut sendiri berbentuk bulat sebesar bola pimpong.

Rasa dari kue tradisional jimut tentunya manis dan memiliki tekstur yang lembut. Biasanya masyarakat Dayak Mualang Sekadau menyajikan kue tradisional ini ketika ada acara, baik selamatan maupun perayaan besar.

Jika anda datang ke Kabupaten Sekadu maka jangan lupa untuk mencicipi kue tradisional khas suku Dayak Mualang ini, karena sensasi rasa yang akan anda rasakan sangat lezat. Rasa manis jimut berasal dari isiannya berupa gula merah. Ketika anda menggigit pertama kali, anda akan merasakan manis dari gula dan lembutnya tekstur kue ini.

Kue jimut bisa anda temukan di pinggir jalan Sekadau atau di pasar tradisional. Bahkan di cafe-cafe Sekadau banyak yang menyajikan kue jimut ini. hal ini karena kue tradisional jimut merupakan kuliner atau jajanan khas dari Sekadau, Kalimantan Barat.