Ketupat Colet, Menu Wajib Saat Lebaran Di Melayu Kayong Utara

Ketupat Colet, Menu Wajib Saat Lebaran Di Melayu Kayong Utara

Ketupat colet merupakan menu wajib yang harus ada ketika lebaran, baik ketika Idul Adha maupun Idul Fitri. Meskipun begitu ketupat colet juga disajikan ketika ada acara seperti pindah rumah, syukuran dan acara lainnya.

Masyarakat Melayu Kayong Utara biasanya akan menyuguhkan ketupat colet ketika hari raya Idul Fitri hari pertama maupun kedua. Menurut masyarakat melayu Kayong Utara, tak lengkap rasanya jika tidak ada ketupat colet dalam menu lebaran.

Untuk ketupat colet khas melayu ini memiliki berbagai bentuk seperti; ketupat biasa, ketupat bawang merah, ketupat bawang putih, ketupat jontong, ketupat ketam, ketupat kumbek dan masih banyak bentuk ketupat lainnya.

Cara makan ketupat colet pada umumnya masyarakat Melayu Kayong Utara langsung memakannya tanpa menggunakan sendok, hal ini sebagai simbol kebersamaan dan kesederhanaan keluarga. Di dalam masyarakat Melayu Kayong Utara, seorang wanita harus dapat membuat kupat, karena jika tidak maka wanita tersebut akan di anggap pemalas.

Untuk cara membuat ketupat colet, sama seperti membuat ketupat pada umumnya, yaitu dengan menganyam daun kelapa. Biasnya masyarakat Melayu Kayong Utara, menyajikan ketupat colet dengan lauk pauk seperti rendang, daging ayam, ikan tenggiri, ikan pari, ikan teri, ikan roman dan lauk pauk lainnya.

Meskipun ketupat colet menjadi menu wajib atau makanan khas ketika lebaran bagi masyarakat Melayu Kayong Utara, namun ketupat colet juga bisa anda temukan di beberapa warung makan di Kayong Utara.