Mengenal Lebih Dekat, Kota Pontianak Surganya Pencinta Kopi

Mengenal Lebih Dekat, Kota Pontianak Surganya Pencinta Kopi

Mengenal lebih dekat, kota pontianak surganya pencinta kopi – Pontianak disebut juga dengan kota khatulistiwa, karena satu-satunya kota di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pontianak jangan terkejut dengan hawa panas di sana. Setiap pergi ke suatu kota atau daerah tertentu kegiatan makan pasti tidak akan pernah terlewat. Ada juga orang yang memang tujuan utamanya adalah wisata kuliner, mencicipi ragam makanan khas daerah setempat yang tidak ada di daerah lain.

Pontinanak juga merupakan destinasi yang sangat cocok untuk berwisata kuliner. Banyak makanan khas dan sajian-sajian lezat menggugah selera di kota Pontianak. Kali ini kita akan mengulas mengenai tempat ngopi yang asik bagi anda dan teman-teman. Supaya tidak bingung lagi mau hangout di mana ketika tiba di Pontianak dan memilih kedai kopi mana yang pas dengan selera.

Selain tugu Khatulistiwa yang berdiri kokoh menegaskan Pontianak merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa, kopi juga menjadi icon yang terkenal di kota tersebut. Kopi dan masyarakat Pontianak seakan merupakan saudara yang tidak dapat terpisahkan. Meskipun bukan kota kopi, kegiatan minum kopi seakan sudah menjadi budaya masyarakatnya. Tidak heran jika kita berkeliling kota Pontianak maka akan mudah dijumpai warung kopi. Saat ini kegiatan ngopi tidak lagi identik dengan kegiatan orang tua atau bapak-bapak. Kopi sudah mulai dikenal dan digemari juga oleh anak muda. Secangkir kopi di malam hari menjadi teman setia yang menemani anda, baik sendiri atau bersama teman-teman. Di pontianak banyak warung kopi dengan ciri khas masing-masing yang patut anda coba.

1. Kopi Asiang

kopi asiang (foto daily mumble)

Merupakan salah satu jawara kopi di Kota Pontianak. Kopi Asiang terletak di jalan Merapi, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Jika Anda menginap di Hotel Santika Pontianak, anda dapat menuju jalan merapi dengan mudah. Anda tinggal menyeberang Jalan Diponegoro dan susuri arah kanan untuk mencari Jalan Merapi. Sampai di Jalan Merapi, berjalanlah ke dalam sekitar 300 meter. Pemandangan khas ketika berkunjung ke kedai kopi Asiang adalah atraksi dari pemiliknya, Thio Tiam yang sedang menuang dan menyaring kopi menggunakan teko tembaga. Selain atraksinya, yang unik dari pemilik kedai kopi Asiang ini adalah penampilannya ketika meracik kopi. Thio Tiam meracik kopi tanpa menggunakan kaos atau kemeja, hanya menggunakan celana hitam, terlihat juga tato ditubuhnya. Kalau anda sedang atau berencana untuk berkunjung ke Pontianak Selatan wajib coba kopi Asiang yang buka dari jam 4 pagi hingga jam 1 siang. Anda juga bisa mampir sehabis berolahraga atau makan siang. Harga kopi di sini sangat terjangkau, mulai dari 5000 rupiah untuk kopi hitam dan 7000 untuk kopi susu. Keduanya sama nikmatnya.

2. Kopi Aming

kopi aming
kopi aming pontianak (foto pontianakcoffee)

Kopi Aming terletak di Jalan Haji Abas I Nomor 157, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan. Kopi Aming bahkan sudah didatangi pengunjung sebelum kedainya buka di pagi hari. Kopi Aming buka sekitar pukul 06.30 hingga 23.00, tapi tidak jarang masih ada pelanggan hingga pukul 00.00. Yang khas dari Kopi Aming adalah cita rasa seduhan kopi robusta racikan sendiri dengan aroma yang memikat dan disajikan selalu dalam keadaan segar dan panas. Kedai kopi ini juga menyediakan jenis kopi lainnya mulai dari Kopi Rabusta Lampung dan Kopi Arabica Aceh hingga Kopi Luwak racikan Aming. Harga kopinya juga mulai dari 5000 untuk kopi hitam dan 7000 atau 8000 untuk kopi susu. Di kedai kopi Aming ini anda dapat bersantai menikmati kopi sambil berselancar di dunia maya dengan fasilitas wifi gratis. Bagi yang suka update, dapat dengan mudah mengunggah setiap kegiatan yang dilakukan di kedai kopi Aming tanpa hambatan. Pemiliknya selalu mengupgrade jaringan untuk kenyamanan pelanggan. Tidak heran, pelanggan betah berlama-lama di kedai kopi Aming.

3. Cafe Corner
Cafe Corner terletak di jalan Gajah Mada no 38, jalan Gajah Mada merupakan kawasan kuliner dan belanja yang terkenal di kota Pontianak. Mirip seperti Malioboro di Yogyakarta. Bagi pecinta bola sangat cocok jika berkunjung ke Kafe Corner ketika ada pertandingan bola. Karena kafe ini biasanya dugunakan untuk nonton bareng. Acara menonton bola menjadi lebih hidup dan meriah ditemani kopi dan teman-teman sesama pecinta bola.

4. Coffe Tone
Terletak di jalan Gajah Mada no 225, Coffe Tone cocok banget untuk jadi tempat bersantai, nongkrong dan ngobrol bersama teman-teman. Sesuai dengan namanya, Coffe Tone menyajikan pertunjukan live musik dari band-band lokal pontianak ditengah susana cafe yang bernuansa modern pas untuk anak muda. Selain musik panggung di Coffe Tone juga kerap diisi dengan hiburan lain seperti stand up comedy. Kalau anda termasuk anak muda hits kekinian wajib mampir ke Coffe Tone.

5. Warung Kopi Suka Hati
Warung kopi Suka Hati terletak di Jalan Tanjung Pura No 17, selain terkenal dengan kopi juga terkenal dengan selai srikayanya. Srikaya di Warung Kopi Suka Hati dikenal paling enak di Pontianak, bahkan warung kopi ini mengeluarkan produk Srikaya dengan nama Serikaya yang dapat langsung dinikmati di tempat atau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Selai srikaya terbuat dari telur bebek dan gula, biasanya dimakan dengan dioleskan bersama pisang goreng khas Pontianak. Warung ini buka sejak pukul 05.30 dan tutup pukul 17.30 dengan jeda istirahat antara pukul 10.30 sampai 12.00. ciri khas kopi Suka Hati adalah rasanya yang cendenrung lebih manis.
6. Warung Kopi Jogja
Terletak di jalan Prof M Yamin, tepat berada di persimpangan antara jalan Sutan Syahrir dan Prof M Yamin. Warung kopi ini buka hampir 24 jam sehingga anda bisa datang kapan saja ketika ingin menikmati secangkir kopi.
Pontianak memang surganya kopi, masyarakat dari berbagai usia dan kalangan gemar pergi ke kedai kopi untuk mengobrol dan bersantai. Tidak heran budaya minum kopi membuat kedai kopi sangat mudah dijumpai dan tidak pernah sepi. Selain warung kopi yang berbentuk ruko atau cafe ada juga tempat ngopi di pinggir jalan yang berbentuk angkringan dan tetap ramai meskipun tidak menjual kopi khas Kalimantan, melainkan kopi instan. Pusat kedai kopi memang ada di jalan Gajah Mada dan Jalan Tanjung Pura. Deretan kedai kopi siap menyajikan kopi istimewa yang memiliki ciri khas masing-masing.

Untuk menemani minum kopi, di setiap kedai kopi pasti juga disajikan makanan ringan untuk mendampingi kopi. Ada aneka kue, roti bakar dan yang paling terkenal dan harus dicoba adalah pisang goreng khas Pontianak yang diolesi selai srikaya yang manis dan legit. Menjadikan acara minum kopi semakin nikmat. Harga jajanan di kedai kopi juga sangat terjangkau, mulai dari 3000 rupiah. Bukan hanya menyajikan kopi hangat, jika siang hari cuaca sangat panas kedai kpi tersebut juga menyajikan es kopi untuk melegakan tenggorokan.

Bagaimana jika anda ingin ikut ngobrol dengan teman tapi tidak menyukai kopi? Tenang saja, karena kedai kopi tersebut juga menjual minuman lain seperti teh dan the tarik. Esensi dari warung kopi Pontianak yang selalu ramai bukan saja karena kopinya, tapi warung kopi merupakan etalase untuk saling bercengkrama dan menikmati sedikit waktu luang ditengah kesibukan bekerja. Jadi, benar-benar surga untuk anda yang pencinta kopi. Seru kan!!!