20 Ribuan Peserta Pawai Akbar Sambut Tahun Baru Islam 1440 H

Sekitar 20 ribuan peserta Pawai Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah tumpah ruas di ruas Jalan Rahadi Usman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (11/9).

Pawai akbar yang diikuti ini terdiri dari pawai kendaraan hias, pawai jalan kaki dan drumband. Berbagai hiasan dan ornamen Islami yang ditampilkan masing-masing peserta untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah.

Peserta pawai  dilepas secara bertahap oleh Plt Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Diawali pawai kendaraan hias, kemudian disusul peserta pawai jalan kaki. Edi mengajak seluruh umat Islam untuk menjadi generasi dan jiwa-jiwa baru yang lebih baik.

“Saya mengajak semua yang hadir untuk bisa memaknai kehidupan ini karena waktu tidak mungkin bisa diulang. Tidak mungkin yang lalu bisa kita ulang kembali, selain menjadi bahan kita untuk introspeksi diri kita ke depan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya lagi, Pontianak tengah giat-giatnya melakukan pembangunan dari segala bidang. Untuk itu, ia mengajak semua pihak bersama-sama membangun Kota Pontianak dengan berkolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen.

“Saya mengajak tahun baru Islam 1440 Hijriyah ini menjadi momentum kita untuk selalu berubah melakukan hal-hal yang baik, baik itu untuk kemajuan diri sendiri, masyarakat, negara dan bangsa,” ajaknya.

Edi juga berpesan kepada seluruh umat muslim Kota Pontianak untuk menunjukkan identitas sebagai umat muslim yang toleransi, menjaga Ukhuwah Islamiyah dan bisa membawa Pontianak menjadi kota yang benar-benar nyaman, tentram dan damai sebagai tempat tinggal.

Peserta pawai diminta menunjukkan bahwa umat Islam di Kota Pontianak siap untuk melakukan perubahan yang lebih baik melalui pesan-pesan yang disampaikan di spanduk-spanduk yang dibawa peserta.

“Misalnya melakukan hal kecil seperti memungut sampah yang ditemui di jalan ketika pawai jalan kaki kemudian membuangnya ke tempat sampah” ucap Edi. (all)